Hari Pertama Kaisar Jepang Blusukan di Indonesia, Kunjungi Depo MRT dan Waduk Pluit

Jurnalis: Ias Abdullah
Editor: M. Rifat

18 Juni 2023 23:21 18 Jun 2023 23:21

Thumbnail Hari Pertama Kaisar Jepang Blusukan di Indonesia, Kunjungi Depo MRT dan Waduk Pluit Watermark Ketik
Kaisar Jepang Hironomiya Naruhito (kiri) saat berkunjung ke Depo MRT, Jakarta, Senin, (Foto: Twitter MRT)

KETIK, JAKARTA – Dalam lawatan pertamanya ke Indonesia, Kaisar Jepang Hironomiya Naruhito berkunjung ke Depo MRT Jakarta pada Minggu (18/6/2023).

Di lokasi tersebut Kaisar Naruhito berkesempatan melihat aktivitas di Pusat Kendali Operasi (operation control center/OCC), pekerjaan perawatan berat (heavy maintenance) di workshop, dan area perawatan ringan (light maintenance).

Selain berkunjung ke MRT, Kaisar pada Minggu juga mengunjungi Pompa Air Waduk Pluit. Senin Hari ini (19/6/2023) Kaisar Dijadwalkan bertemu dengan Presiden Joko Widodo di Istana Bogor.

Kunjungan Kaisar ke MRT Jakarta merupakan simbol kerja sama antara Jepang dan Indonesia. "Kaisar sangat terkesan dengan hasil kerja kolaborasi yang terjalin," tulis PT MRT dalam rilis resmi mereka.

Selama ini, dukungan Jepang tidak sebatas dana pembangunan sarana dan prasarana, melainkan transfer pengetahuan dan keterampilan yang menjadi standar kerja baru bagi industri perkeretaapian otomatis di Indonesia.

Indonesia merupakan negara pertama yang dikunjungi Kaisar Jepang, Hironomiya Naruhito sejak naik tahta pada Mei 2019. Hal itu disampaikan Sekretaris Pers untuk Kaisar Jepang, Shiojiri Kojiro.

Foto Kaisar Jepang (tengah) di Depo MRT. (Foto: Twitter MRT)Kaisar Jepang (tengah) di Depo MRT. (Foto: Twitter MRT)

“Betul, Indonesia menjadi negara pertama sebagai tujuan kunjungan setelah beliau naik tahta. Artinya ini kunjungan perdana ke Kaisar ke Luar Negeri usai dirinya naik tahta,” kata Shiojiri Kojiro dalam keterangan pers di Hotel Kempinski Indonesia, Jakarta Pusat, Minggu (18/6/2023).

Dia menambahkan, Kaisar dan Permaisuri akan bertemu dengan Pak Jokowi dan Ibu Iriana pada Senin 19 Juni 2023 di Istana Kepresidenan Bogor.

Nantinya, kata Shiojiri Kaisar Naruhito dan Permaisuri Masako juga akan melakukan kunjungan ke Yogyakarta. Balai teknis dan Kraton Yogyakarta yang menjadi tujuan Kaisar Naruhito dan Permaisuri Masako selama di Yogyakarta.

"Kaisar berkunjung ke Yogyakarta karena dirinya ingin melihat persahabatan Jepang-Indonesia secara seksama. Maka, balai teknis Sabo-saboda menjadi tempat pertama yang dikunjungi Kaisar,” ucapnya.

“Kemudian, Kaisar Naruhito dan Permaisuri Masako akan mengunjung Kraton Yogyakarta. Karena Yogyakarta dan Jepang sudah memiliki hubungan yang sangat lama sejal dari Sri Sultan HB ke-9 sampai saat ini,” ucapnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

Kaisar Jepang MRT Waduk Pluit Jokowi