Hebat! SMAN 1 Karas Magetan Borong 4 Juara di Ajang Bergengsi MEA 2024

Jurnalis: Siti Fatimah
Editor: M. Rifat

23 Oktober 2024 12:03 23 Okt 2024 12:03

Thumbnail Hebat! SMAN 1 Karas Magetan Borong 4 Juara di Ajang Bergengsi MEA 2024 Watermark Ketik
Kepala Sekolah SMAN 1 Karas, Asmaul Kusnah saat menerima piala dari Pj Gubernur Jawa Timur atas prestasi sekolahnya (Foto: tangkapan layar SMA Double Track)

KETIK, SURABAYA – SMAN 1 Karas kembali mengukir prestasi di Program SMA Double Track. Sekolah yang berlokasi di Kecamatan Karas, Magetan ini berhasil memborong 4 juara sekaligus di Millenial Enterpreneur Awards (MEA) 2024.

Sebuah ajang kompetisi kewirausahaan bergengsi yang diselenggarakan oleh Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya dan Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur di Gor ITS,  Selasa, 22 Oktober 2024.

Adapun deretan juara tersebut antara lain, Juara 1 Layanan DT Mart, Juara 2 Sekolah Pengembang Berita Terbaik, Juara 2 Sekolah Pengembang Website Double Track dan Juara 3 Sekolah Penyelenggara Program Digital.

Piala juara sekaligus sertfikat ini diberikan langsung oleh Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Timur kepada Kepala Sekolah SMAN 1 Karas, Asmaul Kusnah, S.Pd, M.Pd.

Saat ditemui Ketik.co.id, Asmaul Kusnah bersyukur atas pencapaian dan prestasi yang diraih SMAN 1 Karas. Semua prestasi ini adalah berkat semangat, kerja keras dan kolaborasi dengan seluruh pihak sekolah.

"Syukur Alhamdulillah, ini sangat luar biasa. Kami tidak bisa bekerja sendiri tapi berkat kolaborasi dengan teman-teman. Saya sangat berterima kasih punya tim yang sangat solid, mulai dari bapak ibu guru, karyawannya, dan tim Double Track," ungkapnya.

Ini adalah tahun keenam SMAN 1 Karas bergabung dengan Program Double Track. Setiap tahunnya, terang Asmaul, sekolah ini berhasil mempertahankan prestasinya di Program Double Track.

"Alhamdulillah level up kami sudah memenuhi target dari ITS. Kami bisa berkolaborasi dengan komite sehingga bisa mendirikan DT Mart yang mempunyai layanan finansial. Ini yang sekarang kami unggulkan," jelasnya.

Diresmikan tanggal 10 September 2024 oleh Kepala Dinas Pendidikan Jatim, Aries Agung Paewai, DT Mart SMAN 1 Karas kini sudah berjalan dan mempunyai layanan finansial yang memudahkan siswa.

Bekerja sama dengan Bank Mandiri, layanan ini bisa menjawab segala kebutuhan keuangan seluruh civitas sekolah. Mulai dari menabung, pembayaran listrik, pembelian pulsa, marketplace dan sebagainya. Serta,  bisa menjadi tempat belajar bagi para siswa terkait finansial dan kewirausahaan. 

"Sudah berjalan Alhamdulillah. Di sini anak-anak bisa punya pengalaman tentang pengelolaan keuangan. Adanya pembayaran QRIS juga memberikan kemudahan dalam pembayaran. Omzet kami di DT Mart luar biasa bisa dimanfaatkan untuk kegiatan dan kembalinya untuk SMAN 1 Karas," papar Asmaul.

Dia berharap, prestasi yang diraih ini terus dipertahankan dan bisa menjadi semangat bagi para peserta didik dan para guru untuk meningkatkan apa yang sudah dicapai. 

"Kami juga berharap tim semakin solid," tutupnya. (*)

Tombol Google News

Tags:

SMA Double Track Millenial Enterpreneur Awards 2024 MEA 2024 SMAN 1 Karas