Ikuti Aturan Uni Eropa, Meta Akan Hadirkan Fitur Persetujuan Iklan Pengguna

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Mustopa

5 Oktober 2023 02:58 5 Okt 2023 02:58

Thumbnail Ikuti Aturan Uni Eropa, Meta Akan Hadirkan Fitur Persetujuan Iklan Pengguna Watermark Ketik
Meta. (Foto: Pexels)

KETIK, JAKARTA – Bagi anda pengguna layanan Meta seperti Facebook dan Instagram tentu sudah tau bahwa saat ini kedua platform tersebut penuh dengan iklan. Tampilan iklan yang selalu muncul di lini masa tentu cukup mengganggu para pengguna.

Berangkat dari hal tersebut, Meta mengumumkan akan meluncurkan fitur yang membuat pengguna dapat menghapus iklan di Instagram maupun Facebook. Namun fitur ini tentu saja berbayar, jika tidak ingin terganggu dengan tampilan iklan, maka pengguna harus merogoh kocek sebanyak 10 euro atau sekitar Rp160 ribu.

Juru bicara Meta mengatakan perusahaan ini tetap akan memberikan layanan gratis yang didukung oleh iklan yang telah disesuaikan dengan pengguna. Tetapi sedang menjajaki opsi-opsi untuk memastikan pihaknya mematuhi persyaratan peraturan yang terus berkembang.

Hadirnya fitur ini merupakan hasil dari tekanan Uni Eropa yang meminta Meta untuk meminta persetujuan pengguna terkait personalisasi iklan. 

Namun harga untuk fitur ini mungkin berbeda di setiap toko aplikasi seperti Google dan Apple. Hal ini karena setiap platform memiliki besaran biaya yang berbeda. 

Sebelumnya, Meta sempat didenda 390 juta euro (Rp6,3 triliun) awal 2023 oleh Komisioner Privasi Data Irlandia, dan memberitahu bahwa Meta tidak dapat berlindung dari apa yang disebut "kontrak" sebagai dasar hukum untuk memunculkan iklan kepada pengguna berdasarkan aktivitas online mereka.

Oleh sebab itu saat ini mereka akan memunculkan fitur tersebut untuk pertama kali di Uni Eropa. Hal ini dilakukan agar Meta bisa mendapatkan ijin untuk mengirim iklan kepada pengguna mereka.(*)

Tombol Google News

Tags:

Meta fitur Iklan Instagram internet Pengguna uni eropa