Ingin Dapat Salak Manis dan Segar? Ikuti Langkah Berikut

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Muhammad Faizin

23 Mei 2024 23:45 23 Mei 2024 23:45

Thumbnail Ingin Dapat Salak Manis dan Segar? Ikuti Langkah Berikut Watermark Ketik
Ilustrasi buah salak. (Foto: Pexels)

KETIK, JAKARTA – Buah salak merupakan buah tropis yang memiliki banyak penggemar, buah ini memiliki perpaduan cita rasa manis dan sedikit asam. Selain enak dikonsumsi langsung buah slaak juga kerapkali diolah menjadi manisan.

Akan tetapi dalam memilih buah salak diperlukan keahlian khusus, lantaran jika salah memilih bisa saja anda mendapatkan buah salak yang sepet dan asam.

Berikut ini, kami ulas beberapa tips yang bisa anda terapkan untuk memilih buah salak, simak ulasannya.

1. Periksa kulitnya

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah memeriksa kulit dari buah salak. Pilih salak yang memiliki warna cokelat cerah. Hindari memilih salak dengan kulit yang mulai menghitam, lantaran hal tersebut menandakan buah tersebut sudah mulai busuk.

2. Tekan kulit

Selain melihat dari warna kulit, perhatikan juga tekstur kulitnya dengan menekan secara lembut. Jika masih terasa keras berarti salak tersebut masih segar, namun jika terasa lembek ada kemungkinan buah sudah busuk.

3. Perhatikan ujung buah

Perhatikan ujung buah salak (bagian yang seperti duri). Pilih salak yang ujungnya masih terlihat segar dan tidak kering. Ujung yang kering bisa menandakan bahwa buah sudah lama disimpan dan mungkin rasanya sudah tidak segar.

4. Cium aromanya

bagian pangkal buah untuk memastikan aromanya segar. Jika tidak ada aroma atau berbau tidak sedap, lebih baik pilih buah yang lain.

5. Perhatikan ukuran dan bentuk buah

Hal terakhir yang harus diperhatikan adalah ukuran dan bentuk buah. Buah dengan kualitas baik memiliki bentuk yang bagus dan simetris. Hindari salak yang bentuknya tidak beraturan atau terlalu kecil, karena kemungkinan memiliki daging yang tipis.(*)

Tombol Google News

Tags:

Buah Salak segar Manis aroma tekstur