Ini Kata Altet Triathlon saat Mengikuti Kejurnas Piala Kapolres Situbondo

Jurnalis: Heru Hartanto
Editor: Mustopa

2 Juni 2024 06:02 2 Jun 2024 06:02

Thumbnail Ini Kata Altet Triathlon saat Mengikuti Kejurnas Piala Kapolres Situbondo Watermark Ketik
Foto bersama para juara dengan panitia kejunas piala Kapolres Situbondo, Minggu (02/06/2024) (Foto : Heru Hartanto/ketik.co.id)

KETIK, SITUBONDO – Kejuaraan Nasional Triathlon yang merebutkan Piala Kapolres Situbondo tahun 2024 diikuti atlet-atlet dari berbagai daerah di Indonesia, Minggu (02/06/2024). Para atlet mengatakan bahwa rute dalam kejurnas ini sangat nyaman dan aman.

Kejuaraan Nasional Triathlon ini diikuti atlet dari Jawa barat, Jawa Timur, Jawa Tengah, Kalimantan Barat, Sumatera Selatan, Kepulauan Riau, Aceh, Nusa Tenggara Timur, Yogyakarta, Bengkulu, Nusa Tenggara Barat, Banten, Sulawesi Selatan, Kalimantan Timur, Jambi, Kalimantan Utara dan Papua.

Dari mulai berenang sepanjang 750 meter, lalu bersepeda 20 kilometer dari Pasir Putih ke Panarukan dan lari 5 kilometer dari Panarukan hingga finis di Polres Situbondo, rute benar-benar steril dan tidak mengganggu para atlet dalam mengikuti kejurnas piala Kapolres Situbondo.

“Rute kejurnas di Kabupaten Situbondo sangat nyaman dan aman, sehingga kami sebagai atlet tidak terganggu dalam mengikuti event ini. Rute jalan raya yang kami lalu banyak datarnya, sedangkan laut untuk kami berenang juga aman,” jelas Rudi, atlet asal Aceh.

Hal senada juga disampaikan Atlet asal Jawa Tengah Nikolas Abuyaman. Dia menjelaskan bahwa rute dalam kejurnas piala Kapolres Situbondo sangat aman dan nyaman.

"Tidak terlalu banyak rintangan dalam rute yang kita lalu. Rutenya datar dan sangat steril serta kami puas mengikuti kejurnas piala Kapolres Situbondo,” jelasnya.

Sementara itu, Kapolres Situbondo, AKBP Dwi Sumrahadi Rakhmanto mengatakan, pada event perdana kejurnas Aquathon, Duathlon, Triatlhon yang dilaksanakan di Kabupaten Situbondo ini mendapat nilai positif dari para atlet.

"Selamat kegiatan berlangsung aman dan lancar serta para atlet juga puas dengan dengan rute kegiatan ini,” jelasnya.

Lebih lanjut, Kapolres Situbondo berharap kegiatan seperti ini bisa terus berlangsung pada tahun-tahun mendatang agar Kabupaten Situbondo semakin terkenal di nusantara maupun luar negeri.

“Harapan saya dengan selesai kejurnas ini, kedepan kegiatan serupa bisa kembali dilaksanakan di Kabupaten Situbondo agar nama Kabupaten Situbondo dikenal hingga manca negara,” harap Kapolres Situbondo.

Sementara, Ketua Pengurus Pusat Federasi Triathlon Indonesia, Armand Van Kempen mengatakan, event nasional ini akan terus digelar di Kabupaten Situbondo untuk mencetak atlet triathlon nasional hingga internasional.

Armand mengatakan, event nasional di Situbondo yang diikuti atlet dari 16 provinsi di Indonesia ini menjadi poin pada Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024 yang akan diselenggarakan di Aceh pada tanggal 8 hingga 20 September 2024 dan SEA Games Thailand 2025 mendatang.

"Saat ini delegasi FTI sedang berada di Qatar mengikuti konferensi Triathlon internasional, kami akan mengajukan atau mengusulkan dan meminta satu seri dilakukan di Indonesia tempatnya di Kabupaten Situbondo," kata Armand.

Armand juga mengatakan, ajang kejurnas Aquathon, Duathlon, Triatlhon yang dilaksanakan di Kabupaten Situbondo ini akan dilaporkan ke panitia konferensi Triathlon Internasional sebagai bahan acuan agar Kabupaten Situbondo bisa ditempati pelaksanaan kejuaraan triathlon tingkat Asean. "

"Semoga saja usulan kita diterima oleh panitia konferensi Triathlon Internasional yang sedang berlangsung di Qatar,” pungkasnya. (*)     

Tombol Google News

Tags:

ini kata atlet Triathlon saat Mengikuti Kejurnas Piala Kapolres Situbondo Situbondo Hari Ini Situbondo Terkini Berita Situbondo