Jelajahi Wisata, Kuliner Sampai Event Lumajang Melalui Aplikasi TIS

Jurnalis: Abdul Fatah
Editor: Muhammad Faizin

11 Juni 2024 14:49 11 Jun 2024 14:49

Thumbnail Jelajahi Wisata, Kuliner Sampai Event Lumajang Melalui Aplikasi TIS Watermark Ketik
Aplikasi Lumajang Tourism Information System (TIS) (Foto: Diskominfo Lumajang)

KETIK, LUMAJANG – Peminat wisata Lumajang akan mendapatkan kemudahan untuk menjelajahi potensi wisata Lumajang melalui aplikasi Tourism Information System (TIS) yang akan segera diluncurkan Dinas Pariwisata Kabupaten Lumajang.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Lumajang Yuli Harismawati kepada media ini mengatakan, TIS sudah dikenalkan ke biro perjalanan wisata, pengusaha hotel dan homestay, pengelola wisata, pemandu wisata dan pengusaha kuliner.

Dalam waktu dekat aplikasi ini akan dilaunching sehingga nantinya masyarakat bisa mengunduh aplikasi tersebut di Play Store.

TIS dengan nama "Lumajang Tourism" ini nantinya akan terhubung dengan Google Map, sehingga tempat yang akan dituju bisa diketahui jaraknya berikut jalan menuju lokasi wisata tersebut.

"Jadi begitu membuka aplikasi, wisatawan akan mengetahui jarak dan rute yang bisa dilalui, kuliner di sekitar lokasi, harga tiket termasuk dengan penginapan juga. Artinya kalau mau ke lokasi wisata tertentu di Lumajang, info tentang penginapan dan kulinernya bisa diakses lengkap dengan nama dan nomor telepon pengelolanya," kata Yuli Harismawati. 

Bahkan, kata Yuli Harismawati, sejumlah event wisata Lumajang juga akan ditampilkan secara detil, sehingga pengguna aplikasi ini bisa merencanakan sejak jauh hari, jika ingin hadir ke event wisata Lumajang.

"Event itu bisa event yang digelar oleh Pemerintah Daerah yang ada unsur wisatanya, atau event yang digelar oleh pengelola wisata dan pegiat wisata Lumajang," kata Yuli kemudian.

Dijelaskan Yuli, kunjungan wisatawan nusantara dan mancanegara ke Lumajang semakin meningkat. Maka kebutuhan informasi layanan pariwisata secara digital sangat dibutuhkan wisatawan. Platform digital dalam promo wisata ini akan memudahkan untuk diakses dan diharapkan semakin meningkatkan kunjungan wisata ke Lumajang.

Yuli memastikan semua obyek wisata di Lumajang akan di explore dalam aplikasi ini, sehingga seluruh potensi wisata Lumajang dapat diketahui secara luas dan detil dari satu aplikasi saja. (*) 

Tombol Google News

Tags:

Wisata Lumajang Tourism Information System Dinas Pariwisata Lumajang berita lumajang hari ini