Jelang Hari Pramuka, Kadispora Jatim Pimpin Tabur Bunga TMP 10 Nopember Surabaya

Jurnalis: Shinta Miranda
Editor: Moana

12 Agustus 2023 05:47 12 Agt 2023 05:47

Thumbnail Jelang Hari Pramuka, Kadispora Jatim Pimpin Tabur Bunga TMP 10 Nopember Surabaya Watermark Ketik
Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Jawa Timur M Ali Kuncoro memimpin ziarah dan penghormatan kepada para pahlawan di TMP 10 Nopember Surabaya menjelang Hari Pramuka, Sabtu (12/8/2023).(Dok.Humas Kwarda Pramuka Jatim)

KETIK, SURABAYA – Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Jawa Timur bersama Dinas Pemuda dan Olahraga Jawa Timur (Dispora Jatim) memaknai Hari Pramuka dengan penghormatan kepada para pahlawan bangsa. 

Mereka melakukan tabur bunga dan ziarah ke Taman Makam Pahlawan (TMP) 10 Nopember Surabaya, Sabtu (12/8/2023). 

Agenda ini merupakan kegiatan rutin tahunan. Diselenggarakan untuk memperingati Hari Pramuka yang jatuh setiap tanggal 14 Agustus. 

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Jawa Timur M Ali Kuncoro bertindak sebagai ketua tim ziarah. Ia didampingi beberapa Wakil Ketua Kwarda Jatim, Staff Kwarda Jatim, DKD Jatim serta rombongan Dispora Jatim.

Kegiatan ini diikuti oleh total 100 orang yang terdiri dari anggota Pramuka Penegak, Penggalang, dan Pembina di Wilayah Kwarcab Kota Surabaya.

Acara diawali dengan penghormatan kepada arwah para pahlawan yang dipimpin oleh pemimpin ziarah, M Ali Kuncoro. Selanjutnya dilakukan peletakan bunga persembahan kepada arwah pahlawan, dan diakhiri doa bersama penuh khidmat. 

Usai seremonial kemudian dilanjutkan tabur bunga dan berziarah ke makam tokoh Gerakan Pramuka dan Pahlawan Bangsa Indonesia.

Ali Kuncoro mengatakan kegiatan ini dilakukan untuk menumbuhkan jiwa patriotisme dan mengenang jasa para pahlawan.

“Kegiatan ziarah dan tabur bunga untuk menumbuhkan jiwa patriotisme dan mengenang jasa para pahlawan," katanya. 

Ia juga berharap para Kader Pramuka dapat menjadi tulang punggung bagi kepemimpinan Republik Indonesia. 

Hormati Para Pahlawan Bangsa 

Sebelumnya, Kwarda Jatim juga melaksanakan tabur bunga dan ziarah ke Makam Proklamator Bung Karno bersama Kwarcab Kota Blitar pada Jumat (11/8/2023) lalu. 

Ketua Harian Kwarda Jatim, Prof Suyatno  mengatakan bahwa setiap anggota Gerakan Pramuka harus meneladani sifat kepahlawanan bangsa Indonesia.

"Kita memaknai jiwa kepahlawanan proklamator sebagai pahlawan bangsa Indonesia ini diharapkan muncul nilai kepahlawanan yang terus dipelihara oleh generasi berikutnya," kata Yatno.

Yatno berharap melalui ziarah ini, tertanam sifat-sifat kepahlawanan bagi generasi selanjutnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

Kwarda Pramuka Jatim Hari Pramuka M Ali Kuncoro Dispora Jatim