KAI Daop 7 Madiun Catat 243.192 Tiket Terjual di Masa Libur Sekolah

Jurnalis: Kurniawan
Editor: M. Rifat

15 Juli 2024 01:14 15 Jul 2024 01:14

Thumbnail KAI Daop 7 Madiun Catat 243.192 Tiket Terjual di Masa Libur Sekolah Watermark Ketik
Situasi masa liburan di Stasiun Madiun (14/7/2024). (Foto: Dok KAI)

KETIK, MADIUN – PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 7 Madiun mencatat 243.192 tiket terjual selama masa liburan sekolah. Itu terdiri 118.595 merupakan tiket keberangkatan dan 124.597 tiket kedatangan di Daop 7 Madiun.

Selama periode liburan ini, KAI Daop 7 Madiun telah menyediakan 46.444 tempat duduk untuk KA Keberangkatan dari Daop 7 Madiun. Ini guna memenuhi permintaan yang meningkat.

Empat kereta api dioperasikan untuk melayani penumpang, terdiri dari tiga kereta api berangkat dari Stasiun Blitar dan satu kereta api berangkat dari Stasiun Jombang. Berikut adalah detail kereta api yang dioperasikan:

1. KA Brantas dengan rute Blitar-Pasarsenen PP
2. KA Singasari dengan rute Blitar-Pasarsenen PP
3. KA Kahuripan dengan rute Blitar-Kiaracondong PP
4. KA Bangunkarta dengan rute Jombang-Pasarsenen PP

"Kami sangat bersyukur dan berterima kasih atas tingginya animo masyarakat yang menggunakan layanan kereta api selama libur sekolah ini. Hal ini menunjukkan kepercayaan masyarakat terhadap KAI, khususnya di wilayah Daop 7 Madiun kata Manager Humas PT KAI Daop 7 Madiun, Kuswardojo, Minggu (14/7/2024).

"Kami akan terus berupaya meningkatkan kualitas layanan agar penumpang merasa aman dan nyaman dalam setiap perjalanan," tambahnya.

Lebih lanjut, Kuswardojo menambahkan, KAI Daop 7 Madiun berkomitmen terus meningkatkan kualitas layanan dan memastikan kenyamanan serta keselamatan penumpang. Upaya peningkatan ini meliputi peningkatan fasilitas di stasiun serta optimalisasi pelayanan selama periode liburan.

KAI Daop 7 Madiun menyadari periode liburan sekolah merupakan salah satu puncak arus penumpang. Oleh karena itu, berbagai langkah antisipatif telah dilakukan untuk memastikan pelayanan yang optimal.

Salah satunya adalah dengan menambah jumlah petugas di lapangan untuk membantu penumpang dan memastikan kelancaran operasional di stasiun.

Selain itu, upaya peningkatan fasilitas juga terus dilakukan. Stasiun-stasiun di wilayah Daop 7 Madiun telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas penunjang seperti ruang tunggu yang nyaman, air minum gratis, toilet bersih, dan area parkir yang memadai.

Pelayanan informasi juga diperkuat dengan penambahan papan informasi digital dan petugas informasi yang siap membantu penumpang.

Foto Situasi stasiun Madiun saat masa libur sekolah /Kurniawan (foto : dok KAI)Situasi stasiun Madiun saat masa libur sekolah. (Foto: dok KAI)

Dalam data KAI, okupansi KA terus meningkat. Khusus Daop 7 Madiun mencatatkan peningkatan  pengguna Kereta Api mencapai 10% pada sementer 1-2024 jika dibandingkan semester yang sama di 2023.

Selama periode Januari hingga Juni 2024, PT KAI Daop 7 Madiun melayani lebih dari 1,1 juta penumpang, naik dari 1 juta penumpang pada semester pertama 2023. Peningkatan ini didorong oleh beberapa faktor, termasuk perbaikan dan modernisasi fasilitas di stasiun-stasiun utama serta peningkatan frekuensi perjalanan kereta api.

Beberapa peningkatan fasilitas pelayanan pelanggan di stasiun yang telah dilakukan Daop 7 Madiun di antaranya menyediakan luxury lounge, arena bermain anak, air minum isi ulang gratis bagi penumpang dan fasilitas Face Recognition Boarding Gate yang memudahkan penumpang dalam proses boarding.

Selain itu, Daop 7 Madiun juga berhasil mencapai tingkat ketepatan waktu (on-time performance) sebesar 99,89%. Prestasi ini tidak terlepas dari upaya berkelanjutan dalam perawatan dan perbaikan sarana serta prasarana kereta api.

Perbaikan pada jalur rel dan peningkatan kualitas pelayanan di stasiun-stasiun utama menjadi faktor pendukung tercapainya target ini.

Foto Situasi stasiun Madiun saat masa libur sekolah /Kurniawan (foto : dok KAI)Situasi stasiun Madiun saat masa libur sekolah. (Foto: dok KAI)

Dengan pencapaian ini, PT KAI Daop 7 Madiun optimis dapat terus meningkatkan jumlah pengguna kereta api di semester kedua 2024. 

"Kami akan terus berinovasi dan berkomitmen untuk memberikan layanan terbaik bagi masyarakat. Kereta api akan tetap menjadi pilihan utama dalam memenuhi kebutuhan transportasi publik," tambah Kuswardojo.

Pencapaian ini menegaskan peran penting PT KAI Daop 7 Madiun dalam mendukung mobilitas masyarakat dan pertumbuhan ekonomi di wilayah Madiun dan sekitarnya.

"Dukungan dan kepercayaan penumpang merupakan motivasi bagi kami untuk terus berinovasi dan memberikan pelayanan terbaik. Kami berharap dapat terus menjadi pilihan utama masyarakat dalam memenuhi kebutuhan transportasi mereka, terutama di saat-saat liburan", pungkas Kuswardojo. (*)

Tombol Google News

Tags:

KAI DAOP 7 Madiun Stasiun Madiun Moda Transportasi Kota Madiun Kereta Api