Khofifah Gabung TKN, Pakar Politik: Bisa Dongkrak Suara Prabowo-Gibran di Jatim

Jurnalis: Moch Khaesar
Editor: Muhammad Faizin

15 Januari 2024 10:09 15 Jan 2024 10:09

Thumbnail Khofifah Gabung TKN, Pakar Politik: Bisa Dongkrak Suara Prabowo-Gibran di Jatim Watermark Ketik
Khofifah Indar Parawansa (foto: dok/Khaesar/Ketik.co.id)

KETIK, SURABAYA – Bergabungnya Khofifah Indar Parawansa kedalam jajaran Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka menjadi modal besar dan bisa mendongkrak suara bagi pasangan tersebut. Pakar Komunikasi dan Politik Universitas Airlangga Surabaya Dr Suko Widodo menyebut sosok Khofifah sudah sangat lengkap sehingga dapat menunjang kemenangan Prabowo-Gibran di Jatim, bahkan secara nasional.

"Ini membawa pengaruh cukup signifikan karena Bu Khofifah menjabat Gubernur memiliki relasi cukup baik, dan pengaruh luas dengan tokoh masyarakat. Hubungan baik dan ketokohannya itu yang menentukan kualitas suara. Selama ini hubungan Khofifah-Emil dengan warga banyak positifnya," kata Suko, Senin (15/1/2024).

Hal itu juga terbukti dengan tingginya survei elektabilitas Khofifah untuk kembali maju sebagai Gubernur Jatim. Ini menandakan adanya kepercayaan publik terhadap kinerja Khofifah pada periode pertama.

Tak hanya itu, modal besar lainnya adalah Khofifah sebagai Ketua Umum PP Muslimat NU memiliki anggota yang sangat besar, mencapai puluhan juta.

"Bu Khofifah bisa menginstruksikan anggota Muslimat. Muslimat itu memiliki jaringan mengakar, kultural yang bisa menembus sampai ke desa-desa dan menembus batas berbagai sub kultur. Itu menjadi modal besar bagi pasangan 02," ujarnya.

Karena itu, Suko menilai peluang untuk Prabowo-Gibran menang dalam satu putaran masih terbuka. Namun, tetap perlu melakukan kerja-kerja ekstra mengingat waktu hanya tersisa satu bulan.

Seperti diberitakan sebelumnya, Khofifah Indar Parawansa secara terbuka menyatakan akan mendukung pasangan capres dan cawapres nomor urut 02, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka di Pilpres 2024.

Hal ini diungkapkan Khofifah pada Rabu (10/01/2024) lalu, saat tiba di Bandara Juanda Surabaya, seusai menjalankan ibadah umrah di tanah suci. 

Khofifah juga menegaskan siap untuk masuk dalam kepengurusan Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo - Gibran dan akan terjun langsung dalam pemenangan paslon nomor urut 02. (*)

Tombol Google News

Tags:

TKN TKD Jatim Jawa timur Khofifah Khofifah Indar Parawansa Prabowo-gibran pilpres2024 pemilu2024 Muslimat NU Tim Kampanye Nasional Suko Widodo