Kodim 0823 Situbondo Gelar Upacara Peringatan HUT TNI ke-79

Jurnalis: Heru Hartanto
Editor: M. Rifat

5 Oktober 2024 11:02 5 Okt 2024 11:02

Thumbnail Kodim 0823 Situbondo Gelar Upacara Peringatan HUT TNI ke-79 Watermark Ketik
Dandim 0823 Situbondo ketika memeriksa pasukan pada upacara peringatan HUT TNI, Sabtu (05/10/2024) (Foto: Heru Hartanto/Ketik.co.id)

KETIK, SITUBONDO – Kodim 0823 Situbondo menggelar Upacara peringatan Hari Ulang Tahun Tentara Nasional Indonesia (HUT TNI) ke-79 tahun 2024.

Upacara hari lahir militer Tanah Air ini mengusung tema "TNI Modern bersama Rakyat, Siap Mengawal Suksesi Kepemimpinan Nasional untuk Indonesia Maju”, Sabtu 05 Oktober 2024.

Upacara yang berlangsung di halaman Makodim 0823 Situbondo ini diikuti oleh anggota Polri, Pasukan Marinir, Puslatpur, Satpol PP, Damkar, Pramuka, Subdenpom Situbondo dan pihak-pihak lainnya.

Hadir dalam upacara peringatan hari lahir Tentara Nasional Indonesia tersebut, Pjs Bupati Situbondo, Sekda Situbondo, Kapolres Situbondo, Kajari Situbondo, Ketua Pengadilan Negeri Situbondo, Ketua DPRD Situbondo dan tamu undangan lainnya.

Dandim 0823 Situbondo, Letkol Inf. Alexander A.B. menyampaikan bahwa HUT Tentara Nasional Indonesia diperingati setiap tanggal 5 Oktober, tahun ini, HUT TNI ke 79 mengusung tema “TNI Modern Bersama Rakyat Siap Mengawal Suksesi Kepemimpinan Untuk Indonesia Maju”.

Tema tersebut, sambung Letkol Alex sangat relevan dalam merefleksikan cita-cita, semangat dan tujuan TNI sebagai prajurit yang Profesional, Responsif, Integratif, Modern, dan Adaptif, dalam menjaga serta mengawal kelangsungan hidup bangsa dan negara.

“Makna yang terkandung dalam tema tersebut, yaitu bahwa Prajurit TNI sebagai pilar Pertahanan Negara memiliki peran dan tanggung jawab dalam menjaga kedaulatan dan keutuhan wilayah NKRI, serta mendukung percepatan program pembangunan nasional dan ketahanan negara dalam mewujudkan Indonesia Maju,” kata Dandim Situbondo membacakan amanat Panglima Besar Jenderal TNI Agus Subiyanto.

Perkembangan lingkungan strategis yang diikuti perubahan politik, ekonomi dan teknologi, lanjut Dandim Alex, harus terus berkembang secara dinamis dan makin kompleks. Selain telah menciptakan dimensi dan spektrum peperangan baru, juga membawa dampak disrupsi di segala bidang kehidupan.

“Perkembangan situasi ini harus terus dikuti dan menjadi dasar dalam penyiapan kapabilitas TNI dari waktu ke waktu. Untuk itu, TNI perlu diawaki oleh sumber daya manusia yang berkualitas tinggi dan berkemampuan inovatif dalam membangun institusi yang modern,” ujar Dandim Situbondo.

Lebih lanjut, amanat Panglima TNI yang dibacakan Dandim 0823 Situbondo, bahwa bila hal ini dapat terwujud, transformasi TNI menjadi kekuatan pertahanan Indonesia yang mampu berperan di kancah regional maupun internasional akan menjadi suatu keniscayaan.

“Selain itu, Panglima juga mengingatkan kepada seluruh, Prajurit bahwa TNI dituntut untuk mengedepankan tugas dan kepentingan rakyat diatas kepentingan pribadi serta memberi penghargaan kepada seluruh Prajurit atas dedikasi dan integritasnya dalam menjalankan tugas, sehingga TNI hingga saat ini terus mendapatkan kepercayaan dan tempat di hati rakyat Indonesia,” kata Dandim Situbondo mengakhiri pembacaan amanat Panglima. (*)

Tombol Google News

Tags:

Kodim 0823 Situbondo gelar Upacara Peringatan HUT TNI ke-79 Dandim Situbondo Letkol Inf. Alexander A.B