Kota Probolinggo Raih Anugerah KLA 2023

Jurnalis: Tunjung Mulyono
Editor: Marno

24 Juli 2023 21:26 24 Jul 2023 21:26

Thumbnail Kota Probolinggo Raih Anugerah KLA 2023 Watermark Ketik
Walikota Probolinggo saat menerima piagam penghargaan KLA 2023 dari Menteri PPPA I Gusti Ayu Bintang Darmawati di Hotel Padma Semarang, Sabtu (22/07/2023). (Foto: Humas Pemkot Probolinggo/Ketik.co.id)

KETIK, PROBOLINGGO –  Komitmen kuat dari Pemerintah Kota (Pemkot) Probolinggo yang selalu konsisten mendukung dan memenuhi hak anak, berbuah manis. Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA) Republik Indonesia (RI) menganugerahi Kota Mangga itu sebagai salah satu Kota Layak Anak (KLH) kategori utama tahun 2023.

Penganugerahan KLH 2023 itu pun diserahkan langsung oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA), I Gusti Ayu Bintang Darmawati kepada Walikota Probolinggo Habib Hadi Zainal Abidin dalam acara malam anugerah KLA 2023 di Hotel Padma, Semarang pada Sabtu (22/7/2013).

Dalam sambutannya Menteri I Gusti Ayu Bintang Darmawati menyampaikan jika penilaian terhadap KLA merupakan mandat dari konstitusi di Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Oleh karena KPPPA secara konsisten selalu melakukan penilaian dan memberikan kriteria khusus kepada suatu darah untuk mewujudkan daerah yang layak dan ramah anak.

"Saya tahu mengikuti penilaian KLA itu tidak mudah. Dibutuhkan komitmen, hingga pengintegrasian kebijakan untuk anak baik dari eksekutif, legislatif dan lembaga lainnya,” ujarnya, Sabtu (22/7/2023).

Menteri asal pulau Dewata ini menyinggung peran dunia usaha, media dan keluarga yang juga sama pentingnya. “Terimakasih saya ucapkan kepada pemerintah daerah yang memiliki komitmen, kebijakan program bahkan menyediakan penganggaran daerah untuk anak,” katanya.

Sementara itu, Wali Kota Probolinggo Habib Hadi Zainal Abidin mengatakan jika Raihan KLA 2023 itu. merupakan sebuah prestasi dan hasil kerja sama dan upaya dari seluruh pihak. Baik itu dari stakeholder maupun dari seluruh warga Kota Probolinggo yang telah mendukung dan mewujudkan pemenuhan terhadap hak-hak dasar dari anak.

"Alhamdulillah Kota Probolinggo memperoleh penghargaan KLA kategori utama dua kali berturut turut. Prestasi ini harus terus dipertahankan dimasa mendatang," katanya.

Habib Hadi mengatakan Raihan prestasi kali ini pun terasa lebih spesial. Karena dari 19 Kota di seluruh Indonesia yang menerima pengharga KLA 2023 ini. Kota Probolinggo berada diperingkat 5 besar penerima KLA kategori utama

"Tentunya kami tidak akan berpuas diri dengan raihan prestasi ini. Masih banyak hal yang perlu ditingkatkan agar lebih baik dari yang sudah dicapai ini. Tentunya demi memberikan yang terbaik bagi generasi penerus bangsa kedepannya," pungkasnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

KLA 2023 KPPPA Pemkot Probolinggo Habib Hadi Zainal Abidin