Kuatkan UMKM Binaan Ikawati, BPN Taken M.O.U dengan Bupati Jombang

Editor: Darwin

10 September 2022 05:59 10 Sep 2022 05:59

Thumbnail Kuatkan UMKM Binaan Ikawati, BPN Taken M.O.U dengan Bupati Jombang Watermark Ketik
Foto : Tim LaDaRa bersama Ikawati dan para pelaku UMKM Kabupaten Jombang, Jumat (9/9/2022).(Foto : Caca)

KETIK, JOMBANG – BPN Kanwil Jatim melakukan kerja sama dengan Kabupaten Jombang guna menguatkan UMKM binaan Ikawati ATR/BPN. Acara ini sekaligus momen on boarding platform marketplace LaDaRa. 

Turut hadir, Bupati Jombang Mundjidah Wahab, Ketua Ikawati ATR/BPN Provinsi Jawa Timur Siti Rochmawati, dan Kakanwil ATR/BPN Jatim Ir. H. Jonahar, Ketua Ikawati dari berbagai kota maupun kabupaten di Jatim, Pelaku UMKM, dan Tim Ladara.

Agenda bertema "Memajukan UMKM Bersama LaDaRa" ini digelar guna memajukan perokonomian khususnya bagi UMKM Kabupaten Jombang agar semakin naik kelas. 

Total ada 20 produk UMKM hadir dalam acara tersebut. Seperti aneka batik, rajut, kerajinan, makanan dan minuman, craft, souvenir, aksesoris hingga kaligrafi. 

Foto Foto : Produk Kaligrafi dari UMKM Jombang (Foto : Caca)Foto : Produk Kaligrafi dari UMKM Jombang (Foto : Caca)

"Sejauh ini untuk perkembangan dari UMKM di Jombang sangat lah naik pesat, terutama dengan adanya LaDaRa sangat membantu bagi UMKM dari pelosok yang sebelumnya belum terlirik oleh masyarakat secara luas. " ucap salah satu panitia penyelenggara, Yosevina.

Ia juga menjelaskan mengenai produk unggulan dari UMKM Jombang, yaitu kaligrafi dan batik. 

Kaligrafi tersebut sangatlah unik karena untuk ukiran memanfaatkan bambu. Produk yang diberi nama Al-Mustamil ini sudah dipasarkan hingga ke negara Cina dan Jawa Timur masih menempati pemasaran terlaris dengan harga dibandrol mulai dari Rp200.000,- hingga Rp11. 000.000,- .

Untuk batik salah satunya adalah Batik Colet, batik dengan pewarnaan dari warna alami dan pembuatan yang berbeda dengan batik yang lain yaitu dengan cara menaruh warna pada canting dan melukisnya secara manual, jadi terkesan lebih artistik. 

Tidak heran jika peminatnya bisa dari dalam hingga luar kota. Bahkan para turis pun rela mendatangi secara langsung. Harga batik ini mulai dari Batik mulai dari Rp50.000,- sampai Rp2000.000,-

Selain pameran produk, juga menampilkan Tari Remo khas Jombang yang mana sangat diapresiasi oleh para hadirin. 

Untuk acara kedua adalah pelatihan dari LaDaRa kepada UMKM Jombang yang dibawakan oleh Umar Faruk dari Tim LaDaRa di Gedung PKK Kabupaten Jombang. 

Pelatihan bertujuan untuk membimbing pelaku UMKM dalam mengenal apa itu LaDaRa, cara buka toko dan cara memasarkan produk di LaDaRa. Hal itu disambut antusias dengan memberi pertanyaan dan mulai membuka toko. 

Dalam wawancara, Jonahar berharap untuk kedepannya UMKM Jombang semakin maju dan terkenal, agar semakin sukses akan dilaksanakan on boarding di tempat yang berbeda nanti. Tak lupa ia juga memiliki dapat memajukan UMKM di Jombang ini agar untuk sektor perokonomian semakin maju.(*)

Tombol Google News

Tags:

LaDaRa UMKM Ikawati kaligrafi Jombang