Lakukan Pemugaran Ruas Trotoar hingga Alun-alun Jember, Ini yang Dilakukan Dinas PUPR KPCK

Jurnalis: Fenna Nurul
Editor: Marno

20 Mei 2023 07:21 20 Mei 2023 07:21

Thumbnail Lakukan Pemugaran Ruas Trotoar hingga Alun-alun Jember, Ini yang Dilakukan Dinas PUPR KPCK Watermark Ketik
Lokasi perbaikan ruas trotoar di Jalan Sultan Agung Jember (Foto: Diskominfo Jember)

KETIK, JEMBER – Pemerintah Kabupaten Jember akan melakukan pemugaran di sepanjang ruas trotoar di Jalan Gajah Mada hingga Alun-alun Jember. Pengerjaan proyek perbaikan akan dimulai pada Jumat (25/5/2023) hingga akhir Juli mendatang.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman, dan Cipta Karya (PUPR KPCK) Rahman Anda bahwa akan menutup sementara Alun-alun Jember karena lakukan perbaikan ruas trotoar.

“Kita akan lakukan penutupan Alun-alun, kemudian perbaikan trotoar ruas Jalan Gajah Mada, KFC, Jompo, ruas Jalan Sultan Agung, sampai Masjid Jami’ Al Baitul Amin,” ungkap Rahman.

Foto Lokasi PKL berjualan di pelapakan Alun-alun Jember (Foto: Fenna/Ketik.co.id)Lokasi PKL berjualan di lapak,  sekitar Alun-alun Jember akan direlokasi. (Foto: Fenna/Ketik.co.id)

Beberapa poin pemugaran yang akan dilakukan di Alun-alun Jember di antaranya memperbaiki jogging track, pemindahan lapangan basket menyatukan dengan lapangan voli, dan membuat panggung permanen di sisi sebelah timur.

Mengantisipasi kegiatan tersebut, Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman, dan Cipta Karya berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan, Satlantas Polres, dan Satpol PP.

“Kita sudah berkoordinasi dengan Dishub dan Satlantas Polres untuk melakukan rekayasa lalu lintas dan pengaturan parkir, dan relokasi PKL di lapak Alun-alun,” imbuh Rahman.

Sementara itu, Plt. Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Jember Edy Budi Susilo mengatakan bahwa PKL akan direlokasi di beberapa tempat yaitu di depan Masjid Jami’ dan SMKN 4 Jember.

“Ada sebanyak 248 PKL dengan tiga kategori, PKL makanan dan minuman, PKL mainan, dan kopi keliling," paparnya Edy. 

Sesegera mungkin, pihaknya akan mengatur agar PKL dapat berjualan dengan tertib, tidak masuk badan jalan, dan mengganggu lalu lintas.

“Misalnya, parkir di depan masjid, dipindahkan ke Jalan Sudirman. Jadi, di sana untuk PKL," ungkap Edy.(*)

Tombol Google News

Tags:

perbaikan Alun-alun Jember ruas trotoar Jalan Gajah Mada Jalan Sultan Agung