Main HP Saat Berkendara, Pengendara Motor di Pacitan Tewas Diserempet Truk

Jurnalis: Al Ahmadi
Editor: Mustopa

1 September 2024 11:07 1 Sep 2024 11:07

Thumbnail Main HP Saat Berkendara, Pengendara Motor di Pacitan Tewas Diserempet Truk Watermark Ketik
Kondisi TKP pascakecelakaan di Jalan Pacitan-Solo, polisi tengah mengecek kondisi korban kecelakaan. (Foto: Polres Pacitan for Ketik.co.id)

KETIK, PACITAN – Di Jalan Raya Pacitan-Solo, tepatnya di Dusun Pelem, Desa Dadapan, Kecamatan Pringkuku terjadi kecelakaan tragis pada Minggu, 1 September 2024 sekitar pukul 11.15 WIB

Insiden itu melibatkan sepeda motor Honda Vario 125 dengan nomor polisi AE 6595 ZB dan truk Isuzu putih bernomor polisi AE 8466 YC.

Pengendara sepeda motor, Nadya Ellysa Luthfi (25), warga Dusun Ngebrak, Desa Candi, Kecamatan Pringkuku, diketahui sedang mengoperasikan ponselnya saat berkendara dari arah Pacitan menuju Solo.

Aksi ini menyebabkan Nadya kehilangan konsentrasi, sehingga laju sepeda motornya semakin mendekati sisi kanan jalan.

Di saat yang sama, sebuah truk Isuzu yang dikemudikan Gumun (61), seorang wiraswasta asal Dusun Ngunut, Desa Menadi, Pacitan, melaju dari arah berlawanan.

Karena jarak yang sudah terlalu dekat, tabrakan pun tak terhindarkan. Sepeda motor Nadya menghantam bagian samping kanan truk dengan keras.

Benturan tersebut sangat fatal, menyebabkan Nadya mengalami luka parah, termasuk pendarahan di mulut, robekan di paha kanan, dan putusnya jari kaki kanan.

Nadya dinyatakan meninggal di tempat kejadian. Kecelakaan ini tidak hanya merenggut nyawa Nadya, tetapi juga mengakibatkan kerugian material yang diperkirakan mencapai Rp5 juta.

Sepeda motor dan truk mengalami kerusakan, meski truk mengalami kerusakan lebih ringan.

Jalan raya tempat kecelakaan terjadi merupakan jalan nasional dengan kondisi beraspal yang baik, dan cuaca saat itu cerah.

Lokasi kecelakaan sedikit menikung dengan marka jalan putus-putus, memungkinkan kendaraan melaju dari dua arah.

Petugas dari Polres Pacitan segera tiba di lokasi setelah menerima laporan, memberikan pertolongan kepada korban, mengamankan barang bukti, serta mencatat keterangan saksi-saksi.

Petugas juga mengatur lalu lintas di sekitar lokasi untuk mencegah kemacetan lebih lanjut.

Kasat Lantas Polres Pacitan, AKP Dwi Purwanto menyatakan bahwa kecelakaan ini disebabkan oleh kelalaian pengendara sepeda motor yang tidak fokus saat berkendara.

"Pengoperasian ponsel saat berkendara sangat berbahaya dan kami selalu mengimbau pengendara untuk lebih berhati-hati," ujarnya.

AKP Dwi Purwanto juga menekankan pentingnya kesadaran akan keselamatan di jalan raya.

"Kami selalu mengimbau masyarakat untuk fokus pada jalan saat berkendara. Sekecil apa pun gangguan, seperti penggunaan ponsel, bisa menyebabkan kecelakaan. Mari sama-sama menjaga keselamatan kita di jalan,” tambahnya.

Dengan adanya kecelakaan ini, diharapkan masyarakat Pacitan, terutama para pengendara motor, lebih waspada dan mengutamakan keselamatan saat berada di jalan.

"Kecelakaan yang melibatkan hilangnya nyawa bisa dicegah dengan kedisiplinan dan tanggung jawab saat berkendara," pungkas AKP Dwi Purwanto. (*)

Tombol Google News

Tags:

pacitan