Mampu Kondusifkan Suhu Politik, Pj Bupati Darmansah Diapresiasi Swadaya Jakarta

Jurnalis: Cutbang Ampon
Editor: M. Rifat

12 Mei 2024 15:13 12 Mei 2024 15:13

Thumbnail Mampu Kondusifkan Suhu Politik, Pj Bupati Darmansah Diapresiasi Swadaya Jakarta Watermark Ketik
Pertemuan silaturahmi dan rapat konsolidasi pra mubes Swadaya Jakarta di Jakarta (11/5/2024). (Foto: Dok. Swadaya for Ketik.co.id)

KETIK, JAKARTA – Sejak menjabat sebagai Penjabat (Pj) Bupati Aceh Barat Daya (Abdya), Darmansah, SPd, MM dinilai berhasil membangun daerah yang dia pimpin.

Selain karena berbagai perolehan prestasi, Ia juga mampu mengkodusifkan suhu politik.

Hal tersebut terungkap dalam pertemuan silaturahmi dan rapat konsolidasi pra mubes Solidaritas Warga Masyarakat Aceh Barat Daya (Swadaya) Jakarta pada Sabtu, 11 Mei 2024 kemarin di Jakarta. Acara itu turut dihadiri langsung Pj Bupati Abdya Darmansah.

Ketua Umum Swadaya Jakarta NG. Yani mengapresiasi Pj Bupati Abdya atas kinerjanya. Sejak memimpin daerah yang dikenal dengan julukan 'Bumoe Breuh Sigupai' itu, Darmansah dinilai berhasil membawa perubahan dan prestasi yang gemilang.

"Di samping prestasi yang telah diraih, kami juga mengamati bahwa selama ini kondisi politik di Abdya lebih kondusif,” ujar NG. Yani dalam keterangan resmi diterima Ketik.co.id, Minggu (12/5/2024).

Pada kegiatan tersebut, Yani juga memaparkan perkembangan kelembagaan Swadaya Jakarta. Selain itu, dia juga mempertanyakan tindak lanjut beberapa rekomendasi yang telah disampaikan pihaknya kepada Pj Bupati Abdya pada 2022 lalu.

Beberapa rekomendasi tersebut terkait dengan penguatan sektor pelayanan kesehatan, pengentasan kemiskinan, penguatan ekonomi baik melalui sektor pertanian, perkebunan, kelautan, perikanan dan UMKM serta lanjutan pembangunan pasar modern.

“Seingat kami Abdya bukan hanya dijuluki Bumoe Breuh Sigupai', tapi juga sangat kental dengan julukan Kota Dagang, maka kehadiran pasar yang representatif sudah sangat dibutuhkan mengingat kondisi pasar Blangpidie saat ini sudah sangat semrawut,” sebut Yani.

Dalam sambutannya, Pj Bupati Darmansah di samping memaparkan perkembangan terkini di Abdya juga turut menjawab terkait rekomendasi Swadaya Jakarta yang telah disampaikan pada tahun pertama kepemimpinannya menjadi Pj Bupati Abdya.

Terkait dengan pelayanan kesehatan, kata Darmansah, saat ini Rumah Sakit Umum Daerah Teungku Peukan (RSUD-TP) Abdya telah mendapat akreditasi Paripurna. Predikat ini merupakan hasil penilaian tertinggi terhadap manajemen mutu dan keselamatan pasien yang diterapkan di rumah sakit.

Dalam hal pengentasan kemiskinan, sebut Darmansah, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Abdya juga telah membangun setidaknya 18 unit rumah yang diperuntukkan bagi kaum dhuafa di Abdya.

Selain itu, pemerintah juga telah menyalurkan bantuan bibit dan perlengkapan UMKM untuk pelaku usaha.

"Tahun ini Insya Allah kita sudah memulai kembali pembangunan pasar modern, di samping itu selama menjabat berkat dukungan semua pihak kita telah mendapatkan 29 penghargaan dari berbagai sektor,” sebut Darmansah.

Pada agenda pertemuan silaturahmi dan rapat konsolidasi pra mubes Swadaya Jakarta tersebut, Pj Bupati Abdya juga diundang secara langsung untuk menghadiri mubes dan pelantikan pengurus Swadaya pada 8 Juni 2024 mendatang di Jakarta.

Kegiatan yang diawali dengan jamuan makan siang dan dilanjutkan dengan temu ramah tersebut, turut dihadiri para pengurus Swadaya serta para ketua paguyuban masyarakat kecamatan se-Abdya di Jakarta. (*)

Tombol Google News

Tags:

Pemerintah pj bupati abdya swadaya jakarta Aceh Barat Daya abdya Aceh