Mempertahankan Ikon Apel Akan Jadi Misi Calon Wali Kota Batu dari PDIP

Jurnalis: Sholeh
Editor: Mustopa

8 Mei 2024 06:44 8 Mei 2024 06:44

Thumbnail Mempertahankan Ikon Apel Akan Jadi Misi Calon Wali Kota Batu dari PDIP Watermark Ketik
Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Batu, Punjul Santoso. (Foto: Sholeh/Ketik.co.id)

KETIK, BATU – Mempertahankan pertanian apel sebagai ikon Kota Batu, Jawa Timur akan menjadi salah satu visi misi yang akan diusung Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Batu dari PDI Perjuangan di Pilkada 2024. 

Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Batu, Punjul Santoso menyampaikan, saat ini lahan pertanian apel di Kota Batu dari tahun ke tahun semakin menyusut. Bahkan banyak petani apel yang telah beralih ke tanaman lain.

"Pertanian apel yang akan punah menjadi salah satu visi misi calon wali kota Batu, bagaimana apel tetap menjadi Ikon Kota Batu menjadi salah satu PR Calon Wali Kota Batu nanti," katanya, Rabu (8/5/2024).

Menurut Punjul, dari dahulu sampai sekarang, banyak petani yang menggunakan pupuk kimia secara masif untuk merawat Apel. Hal itu menjadi salah satu sebab kesuburan tanah menjadi banyak berkurang.

Sehingga, hama juga dengan mudah menyerang Apel. Dampaknya, produktivitas apel juga menjadi berkurang.

"Sampai hari ini kan banyak petani petani yang memakai obat kimia secara masif, dari situ akhirnya kesuburan tanah saat ini berkurang. Unsur N-nya berkurang," jelasnya.

Punjul menegaskan, untuk mengatasi hampir menyusutnya produktivitas apel itu, harus menjadi salah satu visi misi calon wali kota yang diusung PDI Perjuangan. Di samping itu, bagaimana generasi muda Kota Batu tetap mau bertani Apel.

"Regenerasinya bagaimana, apakah harus ada varietas apel yang baru. Apakah tanah yang sekarang itu ditata lagi agar unsur haranya bisa kembali. Itu menjadi salah satu PR-nya untuk calon dari PDI Perjuangan nanti," jelas Punjul.

Menurut Punjul, Kota Batu tidak bisa terus menerus bergantung pada sektor pariwisata. Itu karena saat pandemi Covid-19 kemarin, sektor pariwisata salah satu yang sangat terdampak. Banyak destinasi wisata yang tutup karena adanya pembatasan sosial.  

"Tidak bisa serta merta Kota Batu hanya mengandalkan pariwisata, karena saat pandemi kemarin wisata hancur, seperti Bali. Tetapi Kota Batu tidak, karena pertanian tetap jalan," tambahnya.

Lebih lanjut, Punjul mengutarakan, visi misi mempertahankan pertanian apel itu akan disampaikan ke DPP PDI Perjuangan. Supaya visi misi tersebut disampaikan langsung saat fit and proper test bakal Calon Wali Kota Batu dari PDI Perjuangan.

"Hal itu bisa menjadi bahan masukan visi dan misi calon. Supaya tidak mementingkan egonya sendiri. karena bisa saja ada bakal calon dari luar partai," tegasnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

Kota Batu DPC PDI Perjuangan Kota Batu Pilkada 2024 Apel