Meriah! Kirab Piala Adipura dari Ujung Barat hingga Timur Situbondo

Jurnalis: Abdul Hakim
Editor: Muhammad Faizin

7 Maret 2024 12:45 7 Mar 2024 12:45

Thumbnail Meriah! Kirab Piala Adipura dari Ujung Barat hingga Timur Situbondo Watermark Ketik
Kirab Adipura Kabupaten Situbondo. (Humas Pemkab Situbondo)

KETIK, SITUBONDO – Acara Kirab Piala Adipura yang dimulai dari ujung barat hingga ujung timur Kabupaten Situbondo berlangsung meriah, Kamis (7/03/2024) 

Dalam acara kirab Adipura, tampak masyarakat sangat antusias menyambutnya. Mereka berjejer menyemut hampir di sepanjang jalan pantura untuk menyambut keberhasilan pemda meraih piala Adipura kategori kota kecil tersebut. 

Penghargaan berupa piala bergengsi dalam bidang lingkungan hidup itu dibawa dengan mobil Jeep bak terbuka, berada di urutan terdepan. Di sana juga berdiri Bupati Situbondo Drs Karna Suswandi dan Wakil Bupati Nyai Hj Khoirani. Kemudian, disusul dengan rombongan kendaraan lain yang ditumpangi pejabat terkait lainnya.

Helmi, salah satu warga Besuki mengaku penasaran untuk bisa melihat langsung acara kirab tersebut. "Setelah melihat langsung, saya ikut bangga dan senang karena Situbondo kembali meraih Piala Adipura," ujar Helmi, Kamis (7/03/2023) di Besuki. 

Diketahui, perolehan Piala Adipura kali ini adalah untuk yang ke-6 kalinya diraih Kabupaten Situbondo. Dari 6 penghargaan yang telah diraih, dua di antaranya diraih pada kepemimpinannya Bupati Karna Suswandi bersama Wakil Bupati Nyai Khoirani. 

Bupati Situbondo mengatakan Piala Adipura kedua pada masa pemerintahannya ini, untuk penilaian pada tahun 2021 diberikan pada tahun 2022, dan untuk penilaian tahun 2022 diberikan pada tahun 2023. 

"Saya bersyukur, karena ini penilaian tertinggi bagi persoalan kebersihan dan upaya kita untuk menghijaukan kota, tentu kedepan kita akan terus berupaya dan berinovasi agar kegiatan yang menyangkut lingkungan hidup seperti penghijauan dan kebersihan kota, dan menyangkut persampahan akan menjadi prioritas pemerintah kabupaten Situbondo untuk bisa meningkatkan pelayanan persampahan kepada masyarakat," kata Bung Karna, panggilan akrab Karna Suswandi. 

Tidak lupa, Bung Karna juga menyampaikan terima kasih kepada masyarakat Kabupaten Situbondo karena piala Adipura yang diraih ini bukan hanya kinerja keras dari pimpinan OPD. Melainkan juga partisipasi dan dukungan penuh masyarakat Situbondo. 

"Saya sampaikan terima kasih, kepada rakat Situbondo yang telah berpartisipasi dan mendukung penuh penghijauan, persampahan di Kabupaten Situbondo," tuturnya. 

Lebih lanjut Bung Karna mengatakan, jika Piala Adipura tahun 2024 adalah piala yang menentukan sejarah Kabupaten Situbondo. Sebab menurutnya, Piala Adipura di Kabupaten Situbondo tidak pernah mendapat piala tiga kali berturut-turut.

"Karena itu, kita akan berupaya semaksimal mungkin dan terus melakukan inovasi sehingga bisa memperoleh piala Adipura yang ketiga kalinya. Karena Piala Adipura yang ketiga kalinya akan menjadi persyaratan bagi kita untuk bisa ikuti kontestasi Adipura Kencana. 

Kirab yang diselenggarakan pada Kamis ini, bertujuan untuk menyampaikan kepada masyarakat bahwa Kabupaten Situbondo kembali memperoleh Piala Adipura. Dan kirab Adipura sebagai bentuk tanda terima kasih pemerintah daerah sekaligus kebanggaan rakyat Situbondo yang telah berpartisipasi dan bersusah payah untuk mendapatkan piala Adipura ini. 

"Mudah-mudahan kirab ini menjadi penyemangat kita semua, dan untuk tahun depan mudah-mudahan bisa memperoleh Adipura kembali," pungkasnya. (*) 

Tombol Google News

Tags:

Meriah Kirab Piala Adipura Ujung Barat Hingga Timur Pemkab Situbondo Bung Karna
04. Home Sidebar 1
06. Home Sidebar 3 04. Home Sidebar 1