Orang Terkaya Indonesia Kalahkan Kekayaan Jack Ma, Segini Hartanya

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Naufal Ardiansyah

26 Desember 2023 04:51 26 Des 2023 04:51

Thumbnail Orang Terkaya Indonesia Kalahkan Kekayaan Jack Ma, Segini Hartanya Watermark Ketik
Prajogo Pangestu. (Foto: Barito-Pacific. Com)

KETIK, JAKARTA – Prajogo Pangestu resmi didapuk menjadi orang terkaya di Indonesia. Dikutip dari Blomberg Billionires Index, Minggu (24/12/2023), pria kelahiran Bengkayang, Kalimantan Barat tersebut memiliki total kekayaan senilai 31,5 miliar USD atau setara dengan Rp 487,21 triliun. 

Dengan total kekayaan tersebut, selain membuatnya menduduki peringkat pertama sebagai orang terkaya di Indonesia, juga mengantarkan dirinya masuk ke daftar 50 orang terkaya di dunia, lebih tepatnya di posisi 47.

Selain itu yang lebih mencengangkan lagi, total kekayaan Prajogo ternyata melampaui pendiri Alibaba Group Jack Ma yang berada di urutan ke 50 dengan total kekayaan hanya 29,7 USD atau setara Rp 459,37 triliun.

Prajogo mendapatkan jumlah kekayaan yang fantastis tersebut berkat gurita bisnisnya yang mencatatkan kinerja saham yang bagus beberapa waktu ini.

Bursa Efek Indonesia (BEI) sendiri mencatat ada empat emiten yang berada di bawah kendali Prajogo, yakni Holding energi PT Barito Pacific Tbk (BRPT), perusahaan petrokimia PT Chandra Asri Petrochemical Tbk (TPIA), emiten geotermal, PT Barito Renewables Energy Tbk (BREN), dan emiten batu bara PT Petrindo Jaya Kreasi Tbk (CUAN).

Lebih lanjut baru baru ini melalui PT Barito Renewables Energy Tbk. (BREN) yang baru melantai di BEI selama 2 bulan berhasil mendapatkan market cap sebesar Rp 1003,4 triliun. Bahkan kapitalisasi BREN milik Prajogo sempat berkejar kejaran dengan dengan BBCA milik Hartono bersaudara yang kini sebesar Rp1.149,4 triliun.   

Alhasil, kekayaan Prajogo melonjak lebih dari 8 kali lipat, menjadi US$43,7 miliar sekitar Rp678 triliun, dari US$5,1 miliar pada tahun lalu.

Dengan jumlah kekayaan tersebut, membuat kekayaan Prajogo jauh melampaui sejumlah kekayaan konglomerat lainnya di Indonesia. Sebut saja Low Tuck Kwong yang berada di posisi kedua orang terkaya di Indonesia dengan total kekayaan hanya 27,4 miliar USD.

Kemudian disusul di posisi ketiga terdapat nama Budi Hartono yang kita kenal sebagai pemilik bank BCA dan perusahaan rokok grup Djarum, yang memiliki kekayaan 22,6 miliar USD. Jumlah kekayaan tersebut menempatkannya berada di posisi 79 dari 100 orang terkaya di dunia.

Membayangi di posisi ke empat kakak dar Budi Hartono, yakni Michael Hartono harus puas berada di posisi ke empat dengan total kekayaan mencapai 21,5 miliar USD atau setara Rp 332, 54 triliun. Jumlah kekayaan tersebut juga membuatnya berada di posisi ke 81 dari 100 orang terkaya di dunia.

Sedangkan di posisi selanjutnya ada nama Anthony Salim dengan total kekayaan mencapai 10 miliar USD atau setara dengan Rp 154, 67 triliun. Namun disatu sisi dengan total kekayaan tersebut Anthony masih belum masuk di 100 orang terkaya didunia. Dirinya berada jauh di posisi 220 orang terkaya di dunia.(*)

Tombol Google News

Tags:

Prajogo Pangestu Barito Pacific orang terkaya RI Ekonomi BEI