Pembangunan Mega Proyek Monumen Reog Ponorogo Telah Lewati Masa Krusial, Begini Penjelasan Kang Bupati

Jurnalis: Dimas Cheppy Rusadhi
Editor: Eko Suprayitno

31 Oktober 2023 13:05 31 Okt 2023 13:05

Thumbnail Pembangunan Mega Proyek Monumen Reog Ponorogo Telah Lewati Masa Krusial, Begini Penjelasan Kang Bupati Watermark Ketik
Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko (pakai rompi kuning) saat melakukan sidak di proyek pembangunan Monumen Reog dan Museum Ponorogo Minggu (29/10). (Foto: Bupati Ponorogo For ketik.co.id)

KETIK, PONOROGO – style="text-align:justify">Progres pembangunan mega proyek Monumen Reog dan Museum Ponorogo (MRMP) on scedule. Sebab proyek yang menelan anggaran Rp 76,6 miliar yang bersumber dari APBD Pemkab Ponorogo dan Pemprov Jatim itu kini telah mencapai 30 persen pada Minggu 29 Oktober 2023.

Hal itu terungkap saat Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko saat melakukan inspeksi mendadak (sidak) di proyek MPP yang terletak di perbukitan kapur Kecamatan Sampung Minggu (29/10)

 ‘’Saya ingin memastikan pada hari H sesuai kontrak, pekerjaan sudah selesai,’’ kata Kang Bupati –sapaan Bupati Sugiri Sancoko.

Sugiri menambahkan progres pekerjaan fisik diperkiraan telah menyentuh 30 persen. Kang Bupati menyebut PT Widya Satria Surabaya selaku rekanan telah melalui tahapan paling rumit atau krusial dan memakan waktu. Yakni, pengecoran lantai dasar hingga balok bertingkat.

‘’Tinggal perakitan patung reog, targetnya akhir November sudah rampung,’’ terangnya.

Patung Reog Ponorogo itu berbahan baku material beton berserat yang terpisah bagian per bagian sehingga menyerupai puzzle. Pembuatan detail patung yang membutuhkan waktu lama. Belum lagi, proses pengangkutan dari Surabaya ke lokasi.

 ‘’Kalau sudah tiba, tinggal pasang saja puzzle patungnya. Tidak serumit pengecoran lantai dasar sampai lantai atas seperti selama ini,’’ jelas Kang Bupati.

Bupati optimistis pekerjaan tahap pertama kelar pada akhir November mendatang. Pembangunan sarana dan prasarana pendukung bangunan 26 lantai MRMP bakal dilanjutkan pada 2024 mendatang.

Pekerjaan lanjutan itu meliputi pembangunan jalan menuju monumen, penerangan jalan umum (PJU), mekanikal dan elektrikal ( ME), taman, dan penataan permukiman sekitar MRMP.

‘’Itu dengan anggaran terpisah, mulai kita kerjakan 2024. Biar ekosistem wisata jalan, penduduk juga siap. Walaupun belum sempurna tapi bisa dipandang selesai’’ ungkapnya.

Seperti diketahui pembiayaan MRMP senilai Rp 76,6 miliar tak hanya bersumber dari Anggaran Belanja dan Pendapatan Daerah (APBD) Ponorogo. Melainkan juga mendapat sokongan dari APBD Jawa Timur sebesar Rp 30 miliar. Bahkan, proyek yang digagas oleh Bupati Sugiri Sancoko itu resmi masuk program strategis nasional (PSN) sehingga pembiayaan juga dapat berasal dari APBN. (*)

Tombol Google News

Tags:

Monumen Reog Museum Ponorogo Ponorogo Hari Ini Bupati Sugiri Sancoko Progres pembangunan Ponorogo Terkini