Perhatikan! Begini Cara Memilih Kluwek untuk Memasak

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Mustopa

9 September 2023 18:55 9 Sep 2023 18:55

Thumbnail Perhatikan! Begini Cara Memilih Kluwek untuk Memasak Watermark Ketik
Kluwek. (Foto: Wikipedia)

KETIK, SURABAYA – Bagi orang Indonesia pasti sudah tidak asing dengan kluwek. Kluwek merupakan salah satu bumbu masak yang sering digunakan untuk mengolah makanan.

Salah satu menu yang menggunakan bahan kluwek adalah rawon, yang terpilih menjadi sup terenak di dunia.

Kluwek terkenal dengan warnanya yang hitam dan rasanya yang khas. Namun dalam memilih kluwek diperlukan trik khusus agar olahan makanan yang dimasak memiliki cita rasa yang nikmat.

Berikut ini adalah tips memilih kluwek yang baik, simak ulasannya.

Lihat Warna dan Bentuk

Hal pertama yang harus dilakukan adalah mengamati bentuk dan warna dari kluwek yang akan digunakan untuk memasak. Usahakan pilih yang berwarna coklat tua menuju hitam dan bentuknya yang sedikit gepeng. Hindari memilih yang berwarna hijau karena kluwek tersebut biasanya belum matang.

Perhatikan Berat dan Kekerasan 

Dalam memilih kluwek penting untuk memperhatikan berat dan kekerasannya. Kluwek yang sudah matang biasanya memiliki bobot yang lebih ringan. Selain itu untuk tingkat kekerasan, pilih kluwek yang tidak terlalu keras. 

Aroma

Seperti yang kita tahu jika kluwek memiliki aroma yang khas. Kluwek yang matang memiliki aroma khas seperti coklat yang kaya. Jangan memilih kluwek yang berbau sangat tajam atau bahkan tidak berbau sama sekali.

Perhatikan Isinya

Saat membuka kluwek, coba perhatikan bagian dagingnya. Usahakan dagingnya berwarna coklat tua kehitaman. Selain itu tekstur juga menjadi perhatian, pastikan teksturnya lembek dan juga memiliki rasa yang ramah di lidah.

Jangan Memilih Kluwek yang Berkecambah

Jangan pernah memilih kluwek yang telah ditumbuhi kecambah. Hal ini menunjukkan jika kluwek tersebut sudah tidak layak untuk diolah. Hal ini dikarenakan kluwek yang berkecambah dikhawatirkan mengandung racun yang bisa mengganggu kesehatan.(*)

Tombol Google News

Tags:

Kluwek Bumbu Masak Rawon Tradisional sup