Peringati HUT RI, Warga Ngrebo Ziarah ke Makam Bung Karno

Jurnalis: Favan Abu Ridho
Editor: Marno

17 Agustus 2023 22:57 17 Agt 2023 22:57

Thumbnail Peringati HUT RI, Warga  Ngrebo Ziarah ke Makam  Bung Karno Watermark Ketik
Warga RW 05 lingkungan Ngrebo saat ziarah Bung Karno, Rabu (16/8/2023). (Foto: Favan/ketik.co.id)

KETIK, BLITAR – Untuk  memperingatan HUT ke-78 Republik Indonesia, warga RW 05 Lingkungan Ngrebo, Kelurahan Gedog, Kota Blitar melakukan ziarah ke Makam Bung Karno (MBK), Rabu (16/8/2023) sore. Hal ini dilakukan demi menghormati dan mendoakan sang proklamator.

"Kami ajak warga untuk ziarah ke MBK untuk menghormati dan mendoakan beliau. Ini merupakan bentuk rasa syukur kita untuk Indonesia yang genap 78 tahun," ujar Prawoto Sadewo selaku Ketua RW 05.

Doa dipimpin oleh Kiai Nurhadi Fattah dan diikuti warga RW 05. Prawoto menyebut, agenda ini akan dijadikan event tahunan bagi warga RW 05.

"Rencananya kita akan adakan tiap tahun di bulan Agustus. Ini juga bentuk partisipasi aktif warga RW 05 sebagai bentuk kecintaannya pada tanah air," imbuhnya.

Foto Tokoh masyarakat RW 05 Lingkungan Ngrebo saat ziarah Bung Karno, Rabu (16/8/2023). (Foto: Favan/ketik.co.id)Tokoh masyarakat RW 05 Lingkungan Ngrebo saat ziarah Bung Karno, Rabu (16/8/2023). (Foto: Favan/ketik.co.id)

Pada malam harinya, rangkaian acara dilanjut dengan digelar malam tirakatan. Warga berkumpul untuk melakukan renungan dan doa bersama pada malam 17 agustus. Selain itu, secara swadaya warga membawa takir masing-masing, yang nantinya akan dikumpulkan dan dimakan bersama.

"Warga bawa takir sendiri-sendiri dari rumah, nantu dikumpulkan di panggung. Setelah doa bersama akan dinikmati bersama. Yang penting warga guyub, rukun, dan saling menebarkan cinta kasih satu sama lain," tutur Prawoto, yang juga wartawan senior Blitar ini.

Tepat pada 17 Agustus, dilakukanlah upacara kemerdekaan dan dilanjutkan dengan berbagai lomba yang diikuti oleh ibu-ibu dan anak-anak. Rangkaian nanti akan dilanjutkan dengan digelarnya jalan sehat pada 20 Agustus dan ditutup dengan karnaval pada 26 Agustus.

"Tanggal 20 nanti kita ada jalan sehat dan penutupan rangkaian pada 26 dengan karnaval. Harapannya semua acara yang digelar ini bisa bermanfaat bagi warga dan memberikan berkah bagi kita semua," pungkasnya. (*)

Tombol Google News

Tags:

HUT RI RW 05 Lingkungan Ngrebo Kota Blitar