Peringkat Pertama Kuliner Jadi Alasan Wisatawan Asing Kunjungi Indonesia

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Muhammad Faizin

23 Mei 2024 09:40 23 Mei 2024 09:40

Thumbnail Peringkat Pertama Kuliner Jadi Alasan Wisatawan Asing Kunjungi Indonesia Watermark Ketik
Direktur Pemasaran Pariwisata Nusantara Kemenparekraf Dwi Marhen Yono. (Foto: Husni Habib/Ketik.co.id)

KETIK, SURABAYA – Sebagai negara kepulauan terbesar di dunia, Indonesia memiliki beragam destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Akan tetapi terdapat fakta mengejutkan, rupanya alasan wisatawan asing tertarik untuk mengunjungi Indonesia bukan karena pemandangan alamnya yang mempesona.

Direktur Pemasaran Pariwisata Nusantara Kemenparekraf Dwi Marhen Yono mengatakan jika hal pertama yang menarik wisatawan asing memilih Indonesia sebagai tujuan wisata adalah kulinernya. 

Seperti diketahui Indonesia memiliki beragam kuliner unik dan khas dari berbagai macam daerah. Dan kebanyakan kuliner unik tersebut hanya dapat ditemui di satu wilayah, dan tidak dapat ditemukan di wilayah lain.

"Berdasarkan hasil survei kuliner menduduki peringkat pertama alasan wisatawan asing mengunjungi Indonesia. Jadi misalnya di Surabaya makanan khasnya ada rawon dan rujak cingur itu yang jadi tujuan wisata," jelas Marhen saat ditemui usai membuka Bursa Pariwisata, Kamis (23/5/2024).

Lebih lanjut, untuk alasan kedua yakni untuk menikmati seni budaya khas yang ada di suatu daerah. Seni budaya ini bisa berupa pertunjukkan tarian tradisional, tradisi dan masih banyak lagi. 

Lalu di posisi ketiga yang menarik minat wisatawan asing adalah adanya event event menarik yang diselenggarakan oleh tiap-tiap daerah. Contoh seperti Jember Fashion Carnival, Surabaya Vaganza, Parade Juang, Festival Rujak Uleg, konser dan masih banyak lagi.

"Peringkat selanjutnya ini ada event atau festival yang dapat menarik minat wisatawan. Jadi wisatawan asing ternyata juga tertarik demgan adanya event-event unik yang ada di tiap daerah,"tambahnya.

Kemudian untuk alasan ke empat adalah promo atau diskon yang ditawarkan oleh penyedia pariwisata. Ketika terdapat promo yang menarik tentu akan menarik minat wisatawan untuk berkunjung. Promo yang diberikan bisa berupa potongan harga transportasi, akomodasi atau tiket tempat pariwisata.

Dan alasan kelima sekaligus terakhir adalah untuk menikmati keindahan panorama alam di Indonesia. Seperti yang kita tahu Indonesia memiliki banyak wisata alam yang menawarkan pemandangan cantik. Mulai dari gunung, lembah, danau hingga pantai.

"Nah yang terakhir atau kelima baru pemandangan alam. Walaupun menduduki posisi kelima tetap kita harus galakkan dengan menjaga kelestarian alam kita," pungkasnya.(*)

Tags:

Kemenparekraf pariwisata Indonesia Wisatawan Asing Kuliner Seni Budaya Event promo panorama alam Bursa Pariwisata