Pesona Tanah Rencong di Mata Cut Tara Anzela Zury, Putri Kebudayaan Nusantara Aceh 2023

Jurnalis: Wandi Ruswannur
Editor: M. Rifat

14 Desember 2023 10:30 14 Des 2023 10:30

Thumbnail Pesona Tanah Rencong di Mata Cut Tara Anzela Zury, Putri Kebudayaan Nusantara Aceh 2023 Watermark Ketik
Cut Tara Anzela Zury, Putri Kebudayaan Nusantara Aceh 2023 (Foto: Wandi Ruswannur/ketik.co.id)

KETIK, BANDA ACEH – Putri Kebudayaan Nusantara Aceh 2023, Cut Tara Anzela Zury, akrab dengan panggilan dengan Angel, gadis cantik kelahiran Aceh Barat yang kini menempuh pendidikan sebagai Mahasiswi Jurusan Pendidikan Matematika di Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh menceritakan pesona Tanah Rencong.

Pemilik akun media sosial Instagram @cuttarazz_ yang memiliki hobi olahraga, menari, dan make up mengatakan, bahwa Tanah Rencong Aceh memiliki ciri khas tersendiri, yaitu dengan adanya keberagaman yang mengajarkan kita sikap saling menghargai dan toleransi antar sesama manusia sesuai dengan semboyan Bhinneka Tunggal Ika.

"Walaupun bangsa Indonesia terdiri atas berbagai macam suku bangsa, adat-istiadat, ras dan agama yang beraneka ragam, namun keseluruhannya merupakan suatu persatuan dan kesatuan yang memiliki tujuan yang sama, yaitu memajukan dan meningkatkan kualitas bangsa yang lebih unggul," kata Angel pada media online nasional Ketik.co.id, Kamis (14/12/2023).

Sebagai gadis kelahiran tanah Rencong ia menyampaikan, bahwa ada banyak sekali budaya Aceh yang tidak ada di daerah lain seperti budaya “Meugang”, yaitu upacara adat yang biasanya dilakukan untuk menyambut bulan suci Ramadhan, Idul Fitri, dan Idul Adha.

"Lalu mereka masyarakat Aceh akan berkumpul bersama-sama untuk memasak daging dan dimakan juga secara bersama-sama," ucapnya dengan detail dan gamblang sembari tersenyum manis.

Kemudian kata Angel, ada lagi  tarian seperti Saman yang sudah mendunia. Tarian tersebut berasal dari Suku Gayo yang biasanya ditampilkan dalam suatu perayaan penting di suatu peristiwa adat. Syair pada tariannya juga mempergunakan bahasa khas Gayo.

"Selain itu tarian ini juga kerap ditampilkan saat merayakan hari raya kelahiran Nabi Muhammad SAW dan masih banyak lagi budaya Aceh yang unik dan tidak ada di daerah lain," ungkapnya menuturkan.

Angel berharap ke depannya, semoga di era digitalisasi saat ini, dengan segala pengaruh globalisasi, masyarakat terutama milenial dapat mempertahankan nilai budaya daerah, karena itu yang menjadi jati diri dan diharapkan banyak anak muda yang peduli dengan budaya dan menjadi bagian penting dalam perkembangan budaya saat ini.

"Mari bersama-sama membangun bangsa yang lebih maju dengan menunjukkan SDM yang kuat agar mampu mengadapi era 5.0, tujuannya agar kita mampu menjaga kelestarian budaya. Lalu berperan penting dalam membangun relasi, mengasah skill dan sadar dengan memulai dari kita sendri agar mampu mengajak orang lain untuk bahu membahu memajukan bangsa yang berbudaya," tandasnya.

Adapun prestasi dan pengalaman membanggakan yang telah dicapai oleh Angel, yaitu:
1. Popda Volly Ball Putri 2020
2. Juara Favorit Duta Wisata Aceh Barat 2022
3. Juara 1 Putri Kebudayaan Nusantara Aceh 2023
4. Juara Favorit Putri Kebudayaan Nusantara Aceh 2023
5. 3 rd Runner Up Putri Kebudayaan Nusantara 2023
6. Pemenang IPELMABAR Award Mahasiswi Berprestasi Non Akademik 2023
7. Juara 1 Fashion Show Busana USK
8. Menjadi Judges di Mrs of Malaysia 2023 di Kuala Lumpur. (*)

Tombol Google News

Tags:

Cantik Tanah Rencong Cut Tara Anzela Zury Putri Kebudayaan Nusantara Aceh 2023