Polres Jember Siaga di Titik Rawan, Imbas Kemacetan di Jalur Pantura Situbondo-Ketapang

Jurnalis: Fenna Nurul
Editor: M. Rifat

7 Juli 2023 08:01 7 Jul 2023 08:01

Thumbnail Polres Jember Siaga di Titik Rawan, Imbas Kemacetan di Jalur Pantura Situbondo-Ketapang Watermark Ketik
Polres Jember siagakan personil di titik rawan kepadatan akibat pengalihan dari jalur Pantura ke Jalur Selatan, Jumat (7/7/2023) (Foto: Humas Polres Jember)

KETIK, JEMBER – Telah terjadi penumpukan kendaraan di jalur Pantura dari Situbondo menuju Ketapang, Banyuwangi yang berlangsung hingga hari ini, Jumat (7/7/2023).

Sebab itu, Kepolisian Resor Kota (Polresta) Banyuwangi mengimbau pengendara yang hendak pergi ke Banyuwangi maupun pengguna jasa pelabuhan untuk menggunakan jalur lintas selatan. Yakni dari arah Jember ke Ketapang agar terhindar dari antrian panjang jalur Pantura.

Menyikapi himbauan tersebut, Satuan Lalu-lintas (Satlantas) Polres Jember menyiagakan personilnya pada titik rawan kepadatan.

Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi kepadatan arus lalu lintas di wilayah Kabupaten Jember terutama dari arah Surabaya menuju Banyuwangi dan Bali.

Dalam mewujudkan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu-lintas (Kamseltibcarlantas) Satlantas Polres Jember menyiapkan pola-pola pengaturan lalu-lintas di wilayah hukum Polres Jember.

Kasatlantas Polres Jember AKP Arum Inambala, mengatakan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Satlantas Polresta Banyuwangi, Situbondo dan Bondowoso untuk mengantisipasi kepadatan lalu lintas karena pengguna jalan diarahkan lewat jalur selatan.

“Iya, ini karena di Pelabuhan Ketapang Banyuwangi terjadi antrian panjang terutama dari arah Surabaya yang lewat jalur pantura dan sudah lebih dari 4 hari ini,” ujar AKP Arum Inambala, Jumat (7/7/2023).

Kasatlantas Polres Jember juga mengatakan, pihaknya sudah menyiagakan personel pada jalur perbatasan, jalur keluar masuk kota Jember, dan jalur poros menuju Banyuwangi.

“Sudah kita siagakan personel terutama pada jalur yang berpotensi kepadatan seperti di Gunung Gumitir, jalur masuk kota dan jalur perbatasan,” pungkas Arum.

Antrian panjang kendaraan yang terjadi di Pelabuhan ASDP Ketapang Banyuwangi, Jawa Timur mulai terjadi pada libur hari raya Idul Adha yang lalu.

Selain disebabkan volume kendaraan yang meningkat drastis, kepadatan juga terjadi karena kondisi cuaca yang tidak menentu serta adanya perbaikan dermaga Ponton di Pelabuhan Gilimanuk.

General Manager PT ASDP Indonesia Ferry Persero Cabang Ketapang, Syamsudin, juga menjelaskan, sejak Minggu (2/7/2023), jumlah kendaraan yang menyeberang ke Bali via pelabuhan Ketapang mengalami kenaikan cukup signifikan. 

“Pada hari-hari biasa jumlah kendaraan pengguna jasa pelabuhan sekitar 4.000. Beberapa hari ini sudah mencapai 6.000 per hari,” ungkap, Syamsudin.

Fakta di lapangan antrian kendaraan di Pelabuhan Ketapang Banyuwangi terutama dari jalur Pantura hingga mencapai 5 km lebih. Kantong-kantong parkir yang disiapkan masih belum mampu mengurai kepadatan antrian kendaraan yang akan menyeberang ke Bali.(*)

Tombol Google News

Tags:

jalur selatan Jember Gumitir Pantura macet panjang Ketapang kepadatan arus polres jember