Rempah-Rempah Kaya Manfaat untuk Lengkapi Hidangan Natal

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Mustopa

17 Desember 2023 01:34 17 Des 2023 01:34

Thumbnail Rempah-Rempah Kaya Manfaat untuk Lengkapi Hidangan Natal Watermark Ketik
Aneka rempah rempah.(Foto: Pexels)

KETIK, JAKARTA – Saat perayaan natal, selain beribadah di gereja, moment ini juga dimanfaatkan untuk berkumpul dengan segenap anggota keluarga untuk mempererat tali silaturahmi. Perayaan natal juga tidak lengkap bila tidak ada hidangan lezat untuk bersantap bersama.

Namun, sebelum menghidangkan makanan, ada baiknya saat memasak menggunakan rempah-rempah. Selain  menambah nikmat rasa makanan, rempah-rempah juga memiliki khasiat bagi kesehatan.

Berikut ini adalah beberapa rempah-rempah yang lazim digunakan pada hidangan Natal:

Kayu manis

Kayu manis populer digunakan di berbagai hidangan natal. kayu manis atau cinnamon mampu membawa kehangatan. Rempah aromatik dengan rasa manis dan sedikit pedas ini bisa jadi bumbu pelengkap makanan asin maupun manis.

Sebuah laporan berjudul "Cinnamon: Mystic powers of a minute ingredient" yang diterbitkan dalam jurnal Pharmacognosy Research tahun 2015 menjelaskan bahwa kayu manis mempunyai banyak manfaat kesehatan, seperti adanya kandungan antiinflamasi dan mampu menurunkan gula darah.

Jahe

Jahe sudah lama dipercaya memiliki fungsi kesehatan bagi tubuh. Jahe juga identik dengan hidangan natal misalnya kue jahe berbentuk manusia yang selalu hadir pada perayaan natal.

Mengonsumsi jahe memiliki banyak dampak positif bagi kesehatan tubuh karena  punya khasiat antiinflamasi, antioksidan, antimikroba, dan antikanker. Dalam bentuk suplemen, jahe juga banyak digunakan sebagai pengobatan natural untuk asma, infeksi, dan kondisi lainnya. 

Foto Salah satu sajian natal, kue jahe yang menggunakan rempah rempah. (Foto: Pexels)Salah satu sajian natal, kue jahe yang menggunakan rempah rempah. (Foto: Pexels)

Bunga lawang

Rempah yang berasal dari Tiongkok ini memiliki nama ilmiah Illicium verum dan  memiliki manfaat bagi kesehatan. Senyawa asam shikimic yang dimiliki bunga lawang bisa bermanfaat untuk melawan flu dan punya khasiat anti jamur dan anti Candida.

Jika ditambahkan pada makanan, bunga lawang dapat menambah cita rasa manis dan pedas dalam makanan.

Pala 

Pala (nutmeg) punya rasa khas dan sedikit pedas, yang mana sentuhan dan rasa ini cocok untuk sajian seperti custard, sari buah apel, dan daging panggang. 

Berkat khasiat antiinflamasi dan antibakteri tinggi, pala banyak memiliki manfaat kesehatan, termasuk meningkatkan kontrol terhadap gula darah dan menjaga kesehatan jantung bila dikonsumsi dalam dosis tinggi.

Peppermint

Secangkir teh peppermint hangat dapat melengkapi santapan pada perayaan Natal. Dengan aromanya yang menyegarkan, peppermint memiliki banyak manfaat positif bagi kesehatan tubuh.

Ini karena peppermint memiliki kandungan antioksidan, antialergi, dan anti mikroba, sehingga peppermint dapat membantu dalam mengobati sakit kepala dan sakit perut.(*)

Tombol Google News

Tags:

Natal Hidangan kue jahe Rempah Rempah peppermint Kayu manis