RMI NU Kota Malang Luncurkan Eksiklopedia Pesantren

Jurnalis: Nata Yulian
Editor: Naufal Ardiansyah

14 Mei 2023 09:02 14 Mei 2023 09:02

Thumbnail RMI NU Kota Malang Luncurkan Eksiklopedia Pesantren Watermark Ketik
Peluncuran Program Eksiklopedia Pesantren oleh RMI NU Kota Malang. (Foto: RMI for Ketik.co.id)

KETIK, MALANG – Rabithah Ma'ahid Islamiyah (RMI) Nahdlatul Ulama Kota Malang resmi meluncurkan Ensiklopedia Pesantren di Malang Creative Center (MCC) Kota Malang, Minggu (14/5/2023).

RMI juga meresmikan program lainnya yakni Santri Pelopor, Santri Haji dan Umrah, serta Santri Entrepreneur. Dikemas dalam acara Halal Bihalal dengan menggandeng Bank Syariah Indonesia (BSI).

Ketua RMI Kota Malang, KH. Halimi Zuhdy, menyatakan, Ensiklopedia Pesantren ini merupakan sebuah inisiatif yang bertujuan untuk mengumpulkan dan mendokumentasikan pengetahuan seputar pesantren, termasuk sejarah, budaya, keilmuan, dan tokoh-tokoh terkemuka di dunia pesantren.

Diharapkan ensiklopedia ini dapat menjadi referensi yang komprehensif bagi para santri, akademisi, dan masyarakat umum yang ingin lebih memahami peran pesantren dalam kehidupan keagamaan dan sosial di Indonesia.

Selain itu, program Santri Pelopor juga menjadi fokus perhatian. Program ini bertujuan untuk membentuk santri yang tidak hanya berprestasi dalam bidang keagamaan, tetapi juga memiliki keterampilan dan pemahaman yang luas dalam berbagai aspek kehidupan.

"Santri Pelopor diharapkan mampu menjadi pemimpin masa depan yang dapat memberikan kontribusi positif bagi masyarakat dan bangsa," kata Pengasuh Pondok Pesantren Darun Nun itu.

Lebih lanjut, Program Santri Haji dan Umrah juga menjadi bagian penting dalam kegiatan tersebut. Program ini bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada santri untuk menunaikan ibadah haji dan umrah, sehingga mereka dapat mengalami pengalaman spiritual yang mendalam dan memperdalam pemahaman agama Islam.

RMI NU Kota Malang bekerja sama dengan berbagai pihak untuk menyediakan fasilitas dan pendampingan yang memadai bagi para santri yang ingin menunaikan ibadah haji dan umrah.

Selain itu, program Santri Entrepreneur juga menjadi salah satu upaya RMI untuk membekali santri dengan keterampilan dan wawasan bisnis. Dalam program ini, para santri diberikan pelatihan dan pendampingan dalam mengembangkan usaha kecil-kecilan, sehingga mereka dapat menjadi pengusaha yang sukses dan mandiri.

"RMI, insya Allah, akan menjadi terdepan dalam mengawal kemajuan pesantren di Kota Malang. Kami memohon dukungan doa dan dukungan dari semua pihak," jelas Kiai Halimi, Wakil Dekan 1 Fakultas Humaniora UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.

Kiai Shamthom, Kepala Kemenag Kota Malang yang hadir dalam kesempatan tersebut mengapresiasi perkembangan RMI NU Kota Malang. Ia berharap RMI tidak hanya menghubungkan antar pesantren, tapi juga menjadi bagian dari networking untuk pesantren di seluruh Nusantara.

"Saya melihat perkembangan RMI NU Kota Malang ini luar biasa. Kegiatannya milenial, dan pesantren-pesantren sudah mulai antusias untuk menjadi bagian dari RMI," paparnya.

Foto RMI NU Kota Malang melakukan MoU dengan pihak BSI.RMI NU Kota Malang melakukan MoU dengan pihak BSI.

Sementara itu, salah satu peserta acara, Zainuddin, mengungkapkan kesenangannya bisa berpartisipasi dan mengisi kegiatan RMI NU Kota Malang.

"Saya senang sekali, karena dulu saya awam tentang RMI, sekarang baru paham ada RMI di NU dan agendanya bagus-bagus dan menarik," terangnya.

Acara Halal Bibalal ini berlangsung gayeng dan meriah. Dengan keberadaan Program RMI yang beragam, diharapkan mampu memberikan kontribusi nyata dalam pengembangan pesantren dan pemberdayaan santri di Kota Malang.

Dengan digelarnya acara tersebut, diharapkan Program RMI NU Kota Malang dapat semakin dikenal dan memberikan dampak positif bagi perkembangan pesantren serta pemberdayaan santri di wilayah tersebut.

RMI NU Kota Malang berkomitmen untuk terus berinovasi dan memberikan kontribusi nyata dalam memajukan pesantren sebagai pusat kegiatan keagamaan, pendidikan, dan sosial di Kota Malang.

Hadir dalam kegiatan tersebut sejumlah tokoh agama, termasuk pengurus PCNU yang diwakili oleh Dr. KH. Anwar Sya'dullah dan KH. Shamton Masduki Kepala Kemenag Kota Malang, perwakilan Cabang dan Wilayah Jawa Timur BSI (Bank Syariah Indonesia), serta para kiai dan bu nyai, para gus dan neng Kota Malang. Turut hadir juga perwakilan pesantren di Kota Malang, sekitar 150 santri, serta lurah pondok di Kota Malang. (*)

Tombol Google News

Tags:

RMI NU Kota Malang NU Kota Malang RMI Ensiklopedia Pesantren