Sosok Eddy Rumpoko Sukses Angkat Wisata Kota Batu

Jurnalis: Sholeh
Editor: Mustopa

30 November 2023 03:22 30 Nov 2023 03:22

Thumbnail Sosok Eddy Rumpoko Sukses Angkat Wisata Kota Batu Watermark Ketik
CEO ketik.co.id Kiagus Firdaus, bersama mantan Wali Kota Batu almarhum Eddy Rumpoko semasa hidup. (Foto: dok ketik.co.id).

KETIK, BATU – Kabar duka datang dari Kota Batu Jawa Timur. Eddy Rumpoko Wali Kota Batu periode 2007- 2017 dikabarkan meninggal dunia, Kamis (30/11/2023) pagi ini.

Eddy Rumpoko, mantan Wali Kota Batu dua periode meninggal sekitar pukul 05.30 di RS dr. Karyadi, Semarang.

Eddy Rumpoko terpilih sebagai wali kota pertama melalui pemilihan kepala daerah pada 2007 dengan Punjul Santoso sebagai wakilnya. Politikus PDIP ini banyak melakukan inovasi dan terobosan.

Dia berhasil mendatangkan investor untuk menanamkan modalnya di Kota Batu. Salah satunya Jatim Park Group yang kini menjadi ikon wisata Kota Batu. Jatim Park merupakan wisata buatan berbasis edukasi yang mampu membuat Kota Batu kembali dikenal luas.

Melihat jumlah kunjungan wisata naik, Eddy kembali membuat terobosan baru. Dia mengemas Alun-Alun Kota Batu sebagai tempat wisata. Dan sejak itulah, alun-alun kota batu menjadi jujugan kunjungan wisatawan. 

Dalam masa pemerintahannya, Eddy juga mendorong pemanfaatan pertanian di Kota Batu menjadi tujuan wisata. Untuk mewujudkan hal itu, Pemkot Batu membangun sentra potensi di masing masing wilayah. Seperti Sentra sayur-mayur di Desa Sumber Brantas Kecamatan Bumiaji dan sentra Bunga hias di Desa Sidomulyo Kecamatan Batu.

Pria yang lahir di Manado, 8 Agustus 1960 itu juga memberikan jaminan keamanan kepada investor. Masyarakat diajak mengangkat budaya lokal untuk memancing wisatawan di Kota Batu. Sehingga, Kota Batu tetap ramai wisatawan hingga saat ini.(*)

Tombol Google News

Tags:

Eddy Rumpoko Kota Batu