Sugoi Dekai Festival, Wadahi Bakat Cosplayer Asal Jember

Jurnalis: Fenna Nurul
Editor: Moch Khaesar

19 Maret 2023 06:40 19 Mar 2023 06:40

Thumbnail Sugoi Dekai Festival, Wadahi Bakat Cosplayer Asal Jember Watermark Ketik
Keseruan peserta dan pengunjung saat perform guest star, Nanda Kriz (Foto: Fenna/ Ketik.co.id)

KETIK, JEMBER – Puluhan cosplayer dari Kabupaten Jember berkumpul di Sugoi Dekai Festival yang diselenggarakan di Jember Mini Zoo pada Sabtu (18/03/2023). Festival diikuti oleh ratusan peserta yang menampilkan berbagai macam kostum berbagai macam karakter. Mereka juga memeriahkan acara dengan menampilkan aksi dan gerakan yang menghibur dan menarik.

Serangkaian acara Sugoi Dekai Festival meliputi Coswalk Competition, Cosplay Perform, JSong Competition, dan Guest Star Perform.

Selain itu, pengunjung juga bisa membeli makanan,-minuman, merchandise dari anime, manga, dan game favorit mereka di booth di area festival.

Dalam festival ini dihadiri bintang tamu beken, dengan nama panggung Nanda Kriz dan Naomi yang memiliki pengalaman dalam bidang cosplay. Selain itu, para cosplayer asal Jember pun berdatangan.

Meskipun Jember sempat diguyur hujan yang sangat deras, hal itu tidak mengurangi antusias dan semangat dari para peserta dan pengunjung.

Tujuan dari diadakannya festival ini tak lain untuk mewadahi bakat-bakat cosplayer asal Jember untuk meningkatkan kemampuannya. Baik kreativitas kostum maupun penampilan aksi.

Nuril, peserta Sugo Dekai Festival asali Banyuwangi  ini mengatakan melalui festival cosplay ini untuk melatih kembali kelihaian saat tampil setelah 2 tahun vakum dilanda pandemi.

“Seru sih, keren dan rame. Penampilannya keren-keren dan cosplaynya juga seru,” ujar Nuril yang mengenakan kostum Kapten Akitaru Obi dari Fire Force.

Sementara itu, guest star Nanda Kriz mengapresiasi semangat dan antusias semua pihak yang terlibat. “Sugoi Dekai ini keren banget, rame. Teman-teman dan tim di sini kompak banget. Aku tak nyangka kalau teman-teman dari Jember itu antusiasnya tinggi,” ujarnya.

Ia berharap event cosplay lebih sering lagi diadakan di kota-kota kecil, terutama Jember. Serta para cosplayer yang datang lebih banyak lagi. “Cosplayer juga ikut meramaikan, jangan cuma eventnya aja,” tambah Nanda Kriz.

Foto Peserta cosplay antusias mengikuti Sugoi Dekai Festival (Foto: Nias7 untuk ketik.co.id)Peserta cosplay antusias mengikuti Sugoi Dekai Festival (Foto: Nias7 untuk ketik.co.id)

Kesuksesan dari Sugoi Dekai Festival tak lepas dari persiapan dan semangat panitia pelaksana. Arif, selaku ketua panitia mengaku rencana dari festival ini ada sejak tahun lalu, namun baru dalam 2 bulan terakhir merupakan fase pematangan konsep dan realisasi.

“Selama ini kan pakai juri dari lokal (Jember), kali ini kita mendatangkan yang kondang. Harapannya untuk meningkatkan nilai dan semangat untuk cosplay,” terang Arif yang juga  pencetus Sugoi Dekai Festival.

Ia  membeberkan Sugoi Dekai Festival akan kembali digelar dalam waktu dekat. “Sudah kepikiran Sugoi Dekai 2.0, cuma masih konsep aja, nanti akan diinfokan lebih lanjut. Tahun ini (2023) juga,” pungkas Arif.(*)

Tombol Google News

Tags:

Sugoi Dekai Festival cosplay anime Nanda Kriz Naomi Jember Jember Mini Zoo