Susah Tidur, Lakukan 5 Hal Ini untuk Meningkatkan Kualitas Tidurmu

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Rudi

20 Februari 2023 08:19 20 Feb 2023 08:19

Thumbnail Susah Tidur, Lakukan 5 Hal Ini untuk Meningkatkan Kualitas Tidurmu Watermark Ketik
Ilustrasi Tidur. ( Foto : Vlada/Pexels)

KETIK, JAKARTA – Tidur merupakan salah satu fase penting bagi tubuh. Karena saat tidur tubuh kita beristirahat setelah melakukan berbagai kegiatan seharian. Kualitas tidur berpengaruh besar terhadap kesehatan fisik dan psikologis seseorang.

Namun adakalanya seseorang mengalami gangguan tidur sehingga membuat kualitas istirahatnya menurun. Berikut ini  beberapa cara meningkatkan kualitas tidur bisa dilakukan dengan melakukan hal-hal sederhana. Ini akan membantu tidur lebih nyenyak serta badan kian sehat. 

1. Hindari Menaruh Handphone di Dekat tubuh Saat Tidur

Salah satu hal yang sering dilakukan orang saat ini adalah menaruh handphone di dekat tubuh saat akan tidur. Padahal hal ini tanpa kita sadari akan berdampak terhadap kualitas tidur kita.

Seperti kita ketahui jika handphone dan beberapa perangkat elektronik memiliki paparan radiasi yang bisa mengganggu tidur. Sehingga kamu jadi rentan terdistraksi hingga lupa waktu istirahat dan malah bergadang.

Selain itu, tidur di dekat handphone atau perangkat elektronik lainnya bisa membuat sakit kepala sampai sel-sel otak mengalami kerusakan akibat paparan radiasi yang ada di dalamnya.

2. Membaca Buku Secara Rutin

Membaca buku sesaat sebelum beristirahat rupanya bisa membantu memperbaiki kualitas tidur sehingga badan serta pikiran menjadi lebih sehat. Tipe buku yang dibaca dianjurkan hal-hal yang terkait dengan nilai positif dan bisa berasal dari bahan bacaan non-fiksi.

Dilansir Healthline, membaca sebelum tidur akan membantu meredakan stres, meringankan insomnia, memperbaiki kualitas tidur, dan memperbaiki durasi tidur. Membaca buku pun tidak harus sampai berlembar lembar halaman. Cukup beberapa halaman saja sudah cukup.

Selain itu hal yang harus diperhatikan adalah cahaya dan kenyamanan saat membaca. Pastikan kamu mendapatkan akses lampu yang cukup agar tidak merusak mata.

Foto Ilustrasi Tidur. ( Foto : Vlada/Pexels)Ilustrasi Tidur. ( Foto : Vlada/Pexels)

3. Melakukan Meditasi

Meditasi adalah kegiatan yang sangat dianjurkan untuk dilakukan sebelum tidur. Proses meditasi sangat bermanfaat untuk kesehatan pikiran dan tubuh.

Dikutip dari Sleep Foundation, manfaat  meditasi akan membantu meredakan kecemasan, mengatasi stres, melatih konsentrasi, mengendalikan tekanan darah tinggi, dan lain-lain.

4. Melakukan Olahraga Ringan

Olahraga adalah aktivitas yang berguna bagi kesehatan. Tidak hanya dilakukan pada pagi hari saja. Namun olahraga juga bisa dilakukan pada malam hari sebelum tidur.

Dikutip dari Sports Medicine melalui Harvard Health Publishing, anda dapat melakukan olahraga ringan setidaknya satu jam sebelum pergi tidur. Hal ini akan berdampak pada kualitas tidur, durasi, dan rasa nyenyak. Hindari melakukan olahraga berat karena bisa menurunkan kualitas tidur.

5. Membersihkan Diri Sebelum Tidur

Sebelum tidur kita dianjurkan untuk membersihkan diri sebelum merebahkan tubuh di atas kasur. Selain menghilangkan kotoran akibat melakukan aktivitas di luar. Membersihkan diri juga dapat meningkatkan kualitas tidur seseorang.

Membersihkan diri akan membantu kamu agar bisa tidur lebih awal dan merasa nyaman, sehingga tidur menjadi lebih nyenyak hingga pagi tiba.(*)

Tombol Google News

Tags:

Tidur kesehatan Psikologis Kebiasaan Handphone Membaca buku Meditasi Olahraga