Tahun Kelinci 2023, Tahun Kedamaian

Jurnalis: Kuncoro S.
Editor: Rudi

15 Januari 2023 13:27 15 Jan 2023 13:27

Thumbnail Tahun Kelinci 2023, Tahun Kedamaian Watermark Ketik
Semoga di Tahun Kelinci Air ini penuh kedamaian dan harapan. (Ilustrasi: Istimewa)

KETIK, SURABAYA – Hari Raya Imlek tinggal menghitung hari. Puncak acara hari raya warga Tionghoa ini jatuh pada Minggu, 22 Januari 2023. Imlek tahun ini bisa disebut Tahun Kelinci Air. Meski Imlek kurang semiggu, berbagai kegiatan sudah dilakukan. Baik mempersiapkan acara maupun baksos yang diadakan di tiap perkumpulan warga Tionghoa di kota Surabaya dan kota-kota di Jawa Timur.

Di Surabaya ada beberapa kelenteng yang siap menyambut puncak Imlek. Para pengurus kelenteng mempercantik tempat ibadahnya. Sementara panitia yang lain menyiapkan angpao dengan amplop warna merah untuk diberikan kepada yang berhak menerimanya. Persiapan lain tak kalah menariknya adalah pemain Barongsai mulai latihan. Biasanya mereka tampil dalam acara Imlek di mall atau kelenteng.

Seperti diberitakan di ketik.co.id, Sabtu sore, 14 Juanuari lalu, dalam rangkaian Imlek, Ketua Bidang Sosial YSPB H. Awi bersama Ketua Surabaya Friendship Club (SFC) Dendy Sean Thong menyerahkan Bansos ke warga prasejahtera yang tinggal di Gedung Setan, Banyu Urip Wetan Surabaya.

Di kota Surabaya banyak kelenteng yang tersebar beberapa kawasan. Antara lain Kelenteng Jalan Jagalan, Jalan Dukuh, Kelenteng di Jalan Kenjeran, Kelenteng Pucak Permai (Surabaya Barat), dan Kelenteng Jalan Cokroaminoto (kelenteng Hong San Koo Tee).

Kelenteng Cokro (nama singkatan) tak banyak kegiatan seperti sebelum Pandemi Covid19 dua tahun lalu. Menurut Dina, pengurus kelenteng, Minggu, 15 Januari kemarin hanya mencuci lumpang. Kerja bakti membersihkan lumpang dimulai pagi hingga siang hari. Diharapkan pada saat puncak acara Imlek di kelenteng bersih semua.

Dina menjelaskan, acara Imlek nanti hanya mengadakan sembayangan. Waktunya tepat jam 12 malam. Dia tidak menjelaskan berapa ratus orang yang datang ikut sembayangan. "Mereka yang datang sembayangan bergantian," katanya.

Kemeriahan Imlek tahun Kelinci ini juga menyentuh kalangan desainer di Surabaya. Mereka mempersiapkan desain baju berbagai model yang didominasi warna merah. Sebab menurut seorang disainer, warna merah banyak filosofi yang bisa diambil dari warna merah tersebut. Imlek di tahun Kelinci ini para desainer menghadirkan koleksi penuh twist khas masing-masing.

Nah apakah makna shio Tahun Kelinci Air 2023 ini. Hewan kelinci masuk golongan mamalia. Berkembang biak dengan beranak yang disebut vivipar. Hewan ini bisa hidup di mana-mana. Mulanya kelinci hidup di Afrika kemudian berkembang ke Eropa.

Makna Tahun Kelinci Air dalam kalender China merupakan simbul tahun penuh kedamaian dan harapan. Dalam kalender China Tahun Kelinci dimulai 22 Januari sampai 9 Februari 2024, ketika akan masuk Tahun Naga.

Dibandingkan Shio Macan tahun 2022 mempunyai sifat keras, seperti hewannya. Semoga Tahun Kelinci Air ini penuh kedamaian dan harapan (*)

Tombol Google News

Tags:

Tahun Kelinci air imlek kelenteng Surabaya