Tanggapan Masyarakat Soal DCS Jember Nihil, KPU: Parpol Profesional Cari Bacaleg

Jurnalis: Fenna Nurul
Editor: Mustopa

30 Agustus 2023 08:40 30 Agt 2023 08:40

Thumbnail Tanggapan Masyarakat Soal DCS Jember Nihil, KPU: Parpol Profesional Cari Bacaleg Watermark Ketik
Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jember (Foto: Fenna/Ketik.co.id)

KETIK, JEMBER – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jember telah mengumumkan 733 Daftar Calon Sementara (DCS) bacaleg di Kabupaten Jember. Kemudian KPU membuka tanggapan masyarakat terhadap DCS pada 19-28 Agustus 2023 kemarin. 

Namun hingga batas waktu terakhir, KPU mencatat tidak ada tanggapan dari masyarakat. Hal itu disampaikan Komisioner KPU Jember Achmad Susanto, Selasa (29/8/23). Pantauan di Sistem Informasi Pencalonan (Silon) tidak ada tanggapan yang masuk.

Hal itu mengindikasikan bahwa bacaleg yang diajukan partai telah sesuai atau memenuhi kriteria. Susanto menyebut partai politik (parpol) telah bekerja sesuai prosedur.

"Seluruh partai telah mencari bacalegnya secara profesional. Sehingga tidak timbul tanggapan masyarakat," ungkapnya.

Susanto menjelaskan, ada tidaknya tanggapan dari masyarakat, KPU akan tetap menyampaikan kepada seluruh partai peserta pemilu. Serta tetap melanjutkan tahapan yang ditetapkan.

Jika ada tanggapan masyarakat, pada tanggal 29-31 Agustus, semua parpol harus mengklarifikasi terhadap tanggapan masyarakat. Tanggal 1-7 September adalah penyampaian hasil klarifikasi oleh parpol kepada KPU. Serta, tanggal 11-13 September merupakan pengajuan jadwal dari hasil klarifikasi.

Karena DCS Bacaleg Jember tidak ada tanggapan dari masyarakat, KPU akan melanjutkan proses pada tahap pencermatan DCT. "Karena tidak ada tanggapan kita menunggu jadwal pencermatan DCT," tutup Susanto.(*)

Tombol Google News

Tags:

KPU DCS bacaleg tanggapan masyarakat nihil Parpol profesional cari bacaleg Jember pemilu2024