Tinjau Pelaksanaan PIN Polio, Pj Wali Kota Batu Imbau Orang Tua Miliki Kesadaran Imunisasi

Jurnalis: Sholeh
Editor: Mustopa

17 Januari 2024 13:50 17 Jan 2024 13:50

Thumbnail Tinjau Pelaksanaan PIN Polio, Pj Wali Kota Batu Imbau Orang Tua Miliki Kesadaran Imunisasi Watermark Ketik
Pj Wali Kota Batu meninjau pelaksanaan PIN Polio di Posyandu Kenanga Desa Punten dan Posyandu Dahlia Desa Pandanrejo Kecamatan Bumiaji, Rabu (17/1/2024). (Foto: Prokopim Kota Batu)

KETIK, BATU – Pj Wali Kota Batu, Aries Agung Paewai berharap seluruh orang tua memiliki kesadaran untuk memberikan imunisasi polio kepada putra putrinya, sehingga tidak ada penderita polio di Kota Batu.

Hal tersebut disampaikannya saat meninjau pelaksanaan Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio di Posyandu Kenanga Desa Punten dan Posyandu Dahlia Desa Pandanrejo Kecamatan Bumiaji, Rabu (17/1/2024).

Dalam kesempatan itu pula, Aries memberikan semangat kepada anak-anak yang akan divaksin. Termasuk berbincang dengan para ibu dan melakukan pengecekan Buku Kesehatan Ibu dan Anak.

"Kita berharap para orang tua yang memiliki anak berusia nol sampai 8 tahun untuk membawa anak ke posyandu dan mendapatkan vaksin polio sehingga Kota Batu bebas penyakit polio," tuturnya.

Aries mengimbau agar ibu-ibu tidak ragu untuk memberikan imunisasi Polio kepada anak karena vaksin yang digunakan pada PIN Polio adalah vaksin generasi terbaru yaitu Novel Oral Polio Vaksin tipe 2 atau nOPV2.

Vaksin tersebut diberikan sebanyak dua tetes dengan interval minimal satu bulan.

"Penyakit polio termasuk salah satu penyakit yang berbahaya, karena polio sangat menular, polio bisa menyebabkan kelumpuhan dan kematian," terangnya.

Kota Batu sejak tanggal 15 Januari 2024 melaksanakan secara serentak PIN Polio untuk mencegah penyebaran penyakit Polio. Sub PIN Polio ditargetkan untuk 6.282 anak Kota Batu yang berusia 0 sampai dengan 8 tahun.

Kegiatan Sub PIN Polio di Kota Batu dilaksanakan dalam dua tahap. Tahap pertama berlangsung pada 15 hingga 20 Januari 2024, dan tahap kedua dijadwalkan pada 19 hingga 24 Februari 2024.

Sub PIN Polio dilaksanakan di posyandu yang akan menjadi lokasi imunisasi.(*)

Tombol Google News

Tags:

Kota Batu PIN Polio Pj Wali Kota Batu