3 Bangunan Hangus dalam Kebakaran di Samarinda

Jurnalis: Pandhu Samudra
Editor: Marno

27 Juli 2023 15:27 27 Jul 2023 15:27

Thumbnail 3 Bangunan Hangus dalam Kebakaran di Samarinda Watermark Ketik
Tim Damkar berupaya mengendalikan kobaran si Jago Merah. (Foto: Pandhu Samudra/ketik.co.id)

KETIK, SAMARINDA – Kebakaran menghanguskan pemukiman warga di Jalan Wiraguna RT 11 Kelurahan Sidodadi, Kecamatan Samarinda Ulu pada Kamis (27/7/2023) sekitar pukul 19.30 WITA. Si Jago Merah dengan cepat melahap bangunan yang mayoritas terbuat dari kayu.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Ketik.co.id, terdapat 3 bangunan yang terdiri dari 2 rumah tunggal permanen dan 1 bangsalan berisi 12 pintu yang terdampak kebakaran.

Akibat kejadian ini, banyak warga yang menjadi korban termasuk Sari (35), salah seorang pedagang yang kiosnya berada di dekat area kebakaran.

Sari bercerita tentang momen ketika dia sedang melayani pembeli, tiba-tiba terkejut oleh cahaya merah dan dentuman keras yang mengguncang. Sari tidak sempat menyelamatkan barang-barangnya, kecuali pakaian yang dikenakan.

"Kejadiannya begitu cepat, api langsung membesar dan sepertinya menyambar bahan mudah terbakar," ujar Sari yang terlihat gemetar.

Foto Upaya pemadaman sedikit terkendala akses jalan menuju titik api sempit. (Foto: Pandhu Samudra/ketik.co.idUpaya pemadaman sedikit terkendala akses jalan menuju titik api sempit. (Foto: Pandhu Samudra/ketik.co.id

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Disdamkar) Kota Samarinda, Hendra AH, melalui Sekretaris Damkar, Makmur Santoso, mengatakan bahwa pihaknya menerima informasi tentang kebakaran tersebut sekitar pukul 19.30 WITA.

Upaya pemadaman sempat mengalami kesulitan karena akses jalan yang sempit, minimnya sumber air dan banyaknya masyarakat yang menonton di sekitar lokasi. Petugas butuh waktu 90 menit untuk menjinakkan api.

"Kami menerjunkan 3 Posko komando yang terdiri dari 3 unit tangki dan mesin portabel yang dibantu oleh relawan," ungkap Makmur.

Saat ini, pihak kepolisian sedang melakukan investigasi untuk mencari tahu penyebab awal terjadinya kebakaran yang merugikan banyak warga ini.(*)

Tombol Google News

Tags:

Disdamkar Samarinda kebakaran Samarinda ulu Redkar Samarinda