5 Manfaat di Balik Kenikmatan Cokelat Hitam

Jurnalis: Mustopa
Editor: M. Rifat

14 Agustus 2023 23:00 14 Agt 2023 23:00

Thumbnail 5 Manfaat di Balik Kenikmatan Cokelat Hitam Watermark Ketik
Ilustrasi cokelat hitam (Foto: AS)

KETIK, JAKARTA – Cokelat hitam merupakan jenis cokelat yang mengandung 60 persen biji kakao. Cokelat jenis ini memiliki warna yang lebih gelap dan rasa yang pahit.

Selain rasanya yang nikmat, cokelat hitam kaya akan manfaat bagi kesehatan. Seperti meningkatkan sistem imun hingga meningkatkan fungsi otak dan membuat daya ingat lebih kuat.

Berikut 5 manfaat cokelat hitam bagi kesehatan seperti dilansir hopkinsmedicine:

Meningkatkan Kesehatan Jantung

Cokelat hitam mengandung antioksidan yang mampu mengurangi risiko pembekuan darah dan membuat sirkulasi darah meningkat. Kondisi ini membuat jantung lebih sehat dan menurunkan risiko penyakit jantung koroner hingga stroke.

Menyeimbangkan Sistem Imun

Cokelat hitam  mengandung Flavonol yang mampu melawan radikal bebas sebagai penyebab utama banyak penyakit. Kandungan tersebut membuat sistem kekebalan tubuh atau sistem imun menjadi lebih seimbang.

Meningkatkan Fungsi Otak

Kandungan Flavonol pada cokelat hitam tidak hanya membantu menyeimbangkan sistem imun, tapi juga meningkatkan fungsi otak. Flavonol meningkatkan aliran darah ke otak yang membuat daya ingat lebih kuat.

Mengurangi Stress

Menurut penelitian, mengonsumsi cokelat hitam terutama cokelat hitam bisa mengurangi kadar hormon stres kortisol. Ini juga terkait dengan manfaat coklat untuk mengurangi risiko penyakit jantung.

Melawan Diabetes

Kandungan Epicatechin dalam cokelat hitam mampu melindungi dan membuat sel lebih kuat. Sehingga membantu tubuh menggunakan insulin lebih baik sehingga membantu melawan diabetes.(*)

Tombol Google News

Tags:

Cokelat hitam manfaat