Anju Putri Kamilah, Mahasiswi Kedokteran Gigi Peraih 2nd Runner Up Miss Hijab Jatim 2023

Jurnalis: Wandi Ruswannur
Editor: Muhammad Faizin

3 Desember 2023 01:00 3 Des 2023 01:00

Thumbnail Anju Putri Kamilah, Mahasiswi Kedokteran Gigi Peraih 2nd Runner Up Miss Hijab Jatim 2023 Watermark Ketik
Anju Putri Kamilah, Runner Up Miss Hijab Jatim 2023 (Foto: dokumen pribadi)

KETIK, JEMBER – Adalah Anju Putri Kamilah, akrab dengan panggilan Anju, gadis cantik yang juga mahasiswi S1 Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Jember (FKG Unej) peraih 2nd Runner Up Miss Hijab Jatim 2023 menceritakan advokasi yang dijalankan.

"Advokasi yang saya jalankan dinamakan dengan dengan @desabinaanku yang bergerak dibidang pendidikan edukasi dan sosial. Kegiatan ini mengambil tema mengenai kesehatan gigi dan mulut yang rutin dilaksanakan dari desa ke desa dengan permasalahan gigi dan mulut tertinggi," kata Anju kepada media online nasional Ketik.co.id, Sabtu (02/12/2023).

Pemilik akun media sosial Instagram @anjuputeri serta hobi olahraga yoga dan editing ini menyampaikan, berdasarkan Riset Kesehatan Daerah bahwa 92,6% banyak anak-anak mengalami gigi berlubang karena berbagai faktor.

"Untuk itu saya sebagai mahasiswi kedokteran gigi merasa perlu berperan serta dalam membantu mengatasi masalah-masalah kesehatan gigi dan mulut yang terjadi di masyarakat khususnya anak-anak," ujar Anju dengan senyuman manisnya.

Ia menyatakan, sejauh ini respon dari masyarakat mendapat sambutan yang baik, karena melihat kembali banyak sekali yang mengalami permasalahan kesehatan gigi dan mulut dan mereka sangat terbantu dengan diberikan edukasi, sharing, dan cara mengatasi permasalahan tersebut. 

Foto Advokasi Anju Putri Kamilah, Runner Up Miss Hijab Jatim 2023 (Foto: dokumen pribadi)Advokasi Anju Putri Kamilah, Runner Up Miss Hijab Jatim 2023 (Foto: dokumen pribadi)

"Bahkan sudah banyak orang yang sharing mengenai keluhan mereka dan meminta saya untuk memberikan arahan dan solusi apa yang bisa mereka lakukan guna menyelesaikan permasalahan kesehatan gigi dan mulut," ucap Anju yang menggaungkan slogan Let’s spread happiness with your smile. Bersama saya, ciptakan senyum ceria, dan cerdaskan anak bangsa.

Anju menuturkan, tujuan dan harapan ke depannya melalui advokasi tersebut yaitu meningkatkan kepedulian masyarakat tentang pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut, mengurangi prevelensi permasalahan gigi dan mulut serta mengajarkan bagaimana cara menjaga kesehatan gigi dan mulut yang baik dan benar.

"Oleh karena itu, saya mengajak masyarakat khususnya generasi muda Indonesia untuk selalu menjadi versi terbaik dari dirimu sendiri dan bangun keberanian untuk tumbuh dan menjadi dirimu yang sebenarnya. The distance between dreams and reality is called action,” tandasnya menutup pernyataan.

Sebagai tambahan informasi, prestasi membanggakan yang pernah diraih oleh Anju adalah:
1. Juara 3 Education Video Competition (HEVC) 3rd Jember Dentistry Festival Tingkat Nasional tahun 2023
2. Juara Favorit Lomba Health Education Video Competition (HEVC) 3rd Jember Dentistry Festival Tingkat Nasional tahun 2023
3. 2nd Runner Up Miss Hijab Jawa Timur 2023
4. Duta Hijab Indonesia 2023
5. Pasukan Pengibar Bendera
Kabupaten 2019

Adapun pengalaman yang pernah dirasakan yaitu:
1. Tahun 2021 - sekarang, sebagai Kepala Divisi Pengabdian Masyarakat UKM Penalaran Ilmu Kedokteran Gigi Tingkat Klinik (Insisivus) - FKG UNEJ
2. Tahun 2021 - sekarang, sebagai Kepala Divisi Kaderisasi
UKM Pers (Caninus) - FKG UNEJ
3. Tahun 2023 sebagai Koordinator Publikasi dan Dokumentasi
Interferon: Insisivus Open Recruitment for A New Generation
4. Tahun 2023 sebagai Koordinator Publikasi dan Dokumentasi
Cementicle: Creative in Making Short Story and Poem Competition “mimpi, usaha dan hasil”
5. Tahun 2022 sebagai Student Representative for Accreditation ASIIN FKG UNEJ

Tombol Google News

Tags:

Cantik advokasi Anju Putri Kamilah Mahasiswi Kedokteran Gigi 2nd Runner Up Miss Hijab Jatim 2023