Asah Kemampuan, Pengprov FOPI Jatim Dorong Atlet Ikut Kejuaraan

Jurnalis: Moch Khaesar
Editor: Marno

17 April 2023 09:03 17 Apr 2023 09:03

Thumbnail Asah Kemampuan, Pengprov FOPI Jatim Dorong Atlet Ikut Kejuaraan Watermark Ketik
Atlet Pentaque terlihat melakukan lemparan dalam Kejuaraan piala Rektor, Sabtu (15/4/2023). (Foto : M.Khaesar/Ketik.co.id)

KETIK, SURABAYA – Dorong atlet petanque untuk meningkatkan prestasi, Federasi Olahraga Petanque Indoensia (FOPI) Jawa Timur perbanyak melakukan pertandingan. Hal ini untuk meningkatkan kemampuan akan lebih terasah dari setiap atlet.

Ketua Pengprov Federasi Olahraga Petanque Indoensia (FOPI) Jawa Timur, Nurhasan mengatakan ada sebanyak 6 seri kejauaraan yang akan digeber selama 2023. Kini sudah memasuki seri kedua dengan tajuk Ramadan Cup memperebutkan tropi Rektor Unesa yang digeber di lapangan Petanque New Kampret Menganti Gresik, Sabtu (15/4/2023).

"Untuk seri ketiga nanti akan memperebutkan Piala Gubernur Jatim pada bulan Juni. Kemudian seri 4 dan 5 kembali memperebutkan tropi Rektor Unesa dan seri 6 sebagai penutup ada master tropi Gubernur Jatim," sebut Nurhasan, Senin (17/4/2023).

Nurhasan berharap PB FOPI bisa mengesahkan program kejuaraan yang dilakukan FOPI Jatim. Ini semata-mata untuk meningkatkan prestasi atlet hingga jenjang nasional dan internasional.

Di negara yang Petanque maju, lanjut Nurhasan, event bagi atlet sering dilakukan, baik kejuaraan skala nasional dan internasional. 

"Kalau kita, event sangat minim. Sehinga kami sudah kerja sama dengan KONI, Dispora dan sampikan ke Gubernur (Khofifah Indar Parawansa) ini ada enam series kejuaraan. Harapannya supaya Petanque agar mampu berprestasi di SEA Games, Asian Games dan kejuaraan internasional. Ini penting, walaupun ramadan atlet tetap mau berlatih sehingga erjaga prestasinya. Ini perlu komitmen bersama," sebut Nurhasan yang juga rektor Unesa ini.

Cak Hasan -panggilan Nurhasan- menuturkan, Pentanque kelihatannya sederhana, tapi menarik dan ada tantangannya. Atlet Pentanque harus pintar atur strategi, antisipasi dan berani bersikap serta cepat ambil keutusan. "Fisik juga dibutuhkan saat bertanding Petanque," terang Cak Hasan. (*)

Tombol Google News

Tags:

Pentaque Olahraga FOPI Jatim Jawa timur