Ayam Lodho dan Pisang Kruel Jadi Produk Terlaris DWP Bapenda Jatim

Jurnalis: Siti Fatimah
Editor: Mustopa

19 Maret 2024 14:26 19 Mar 2024 14:26

Thumbnail Ayam Lodho dan Pisang Kruel Jadi Produk Terlaris DWP Bapenda Jatim Watermark Ketik
Pisang Kruel (kiri) dan Ayam Lodho (tengah) jadi produk favorit DWP Bapenda Jatim (Foto: Fatimah/Ketik.co.id)

KETIK, SURABAYA – Makanan tradisional Ayam Lodho dan Pisang Kruel jadi produk terlaris Dharma Wanita Persatuan (DWP) Bapenda Jatim. Kedua produk ini jadi incaran banyak orang mulai dari masyarakat umum hingga Pemprov Jatim.

“Ayam Lodho khas Trenggalek jadi produk unggulan kami yang Alhamdulillah paling laris disini. Dari masyarakat umum sampai dinas-dinas lain kalau bazar itu paling banyak dipesan. RSJ Menur, BPKAD Pemprov Jatim itu suka order Ayam Lodho,” tutur Tituk Orbah Yudha, Ketua Bidang Ekonomi DWP Bapenda Provinsi Jawa Timur, Selasa (19/3/2024)

Begitu pula Pisang Kruel, camilan khas Madiun bercita rasa manis dan crunchy ini jadi produk paling laris terutama di kalangan kampus dan bank daerah.

“Kruel juga begitu, malah sampai ke Universitas Pembangunan Nasional (UPN) dan Bank Jatim. Jadi waktu itu mereka datang mengunjungi bazar lalu banyak yang order dan malah minta,” tambah Tituk.

Foto Gamis motif batik yang cantik produksi  DWP Bapenda Jatim (Foto: Fatimah/Ketik.co.id)Gamis motif batik yang cantik produksi DWP Bapenda Jatim (Foto: Fatimah/Ketik.co.id)

Untuk penjualan Ayam Lodho produksi DWP UPT UPD Trenggalek ini, Tituk menuturkan pihaknya bisa mendapatkan 40 pesanan dalam satu kali order. Sementara Pisang Kruel, jumlah pesanannya bisa mencapai 30 pack.

“Kemarin saja kami sampai 30 dan 20 pesanan, Alhamdulillah bisa. Dikirimnya langsung dari Trenggalek. Kalau Kruel, kami dapat pesanan 30 pack, langsung dikirim ke sini,” lanjutnya.

Tidak hanya itu, DWP Bapenda Jatim masih mempunyai banyak produk lainnya. Seperti Keripik Pisang (Kripis), Rempeyek, Bidaran Keju, Sale Pisang Kering (Sapiring), Cookies, makanan frozen, Tempe Kripik, Untir-Untir, aneka jus, dan lain-lain.

Foto Koleksi mukena yang jadi incaran banyak orang khususnya di bulan Ramadan (Foto: Fatimah/Ketik.co.id)Koleksi mukena yang jadi incaran banyak orang khususnya di bulan Ramadan (Foto: Fatimah/Ketik.co.id)

Untuk pakaian, ada gamis dengan berbagai motif batik yang cantik, mukena, tunik, blouse wanita, daster, serta ragam aksesoris.

“Yang paling banyak disukai itu daster. Bahkan UPD dari dinas-dinas lain sampai request minta ukuran tertentu atau minta daster yang tidak berlengan. Mukena-mukena juga begitu, banyak yang pesan, terlebih Ramadan ini Alhamdulillah,” ucap Tituk saat ditemui Ketik.co.id di kantor Bapenda Jatim.

Di belakang kantor Bapenda Jatim, berdiri Toko DWP Bapenda Jatim yang dinamai Toko Kartini. Toko ini menyediakan jasa fotocopy, aneka snack, dan berbagai barang kebutuhan pokok.

Foto Petugas melayani jasa fotocopy di Toko Kartini DWP Bapenda Jatim (Foto: Fatimah/Ketik.co.id)Petugas melayani jasa fotocopy di Toko Kartini DWP Bapenda Jatim (Foto: Fatimah/Ketik.co.id)

Sebagai informasi, dibawah binaan Ibu Bobby Soemiarsono, DWP Bapenda Jatim kini memiliki 35 DWP UPT se-Jawa Timur. Terhitung sudah ada 45 produk yang memiliki izin Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT).

“Sebenarnya kami sudah punya 51 produk PIRT. Tapi karena PIRT ada jangka waktunya, yang awalnya 51 jadi sekarang 45 jumlahnya, sebab ada yang belum diperpajang. Nanti produk yang belum diperpanjang itu akan dikembalikan lagi PIRTnya,” tutup Tituk.(*)

Tombol Google News

Tags:

DWP Bapenda Jatim Dharma Wanita Persatua Ayam Lodho dan Pisang Kruel Bapenda Jatim