Sosok Fitri Bobby Soemiarsono, Perempuan Inspiratif yang Dorong Pemberdayaan Perempuan

Jurnalis: Siti Fatimah
Editor: Muhammad Faizin

2 Mei 2024 11:30 2 Mei 2024 11:30

Thumbnail Sosok Fitri Bobby Soemiarsono, Perempuan Inspiratif yang Dorong Pemberdayaan Perempuan Watermark Ketik
Ibu Fitri Bobby Soemiarsono, Ketua DWP Bapenda Jatim yang gencar dukung pemberdayaan perempuan (Foto: Fatimah/Ketik.co.id)

KETIK, SURABAYA – Menjadi perempuan haruslah bermakna dan banyak membawa manfaat, begitu motto hidup yang dipegang teguh Ibu Fitri Bobby Soemiarsono. Ia adalah sosok perempuan inspiratif Dharma Wanita Persatuan (DWP) Bapenda Jawa Timur.

Perempuan yang sekarang menjabat sebagai Ketua DWP Bapenda Jatim sekaligus Ketua Plt. DWP Provinsi Jawa Timur ini memiliki semangat luar biasa untuk terus mendorong pemberdayaan perempuan khususnya di lingkungan kantor Bapenda Jatim. Mari berkenalan lebih dekat!

Masuk Nominasi Penghargaan

Ditemui Ketik.co.id di Kantor Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Jawa Timur, Ibu Fitri Bobby  menceritakan dirinya masuk nominasi sebagai Perempuan Inspiratif versi Badan Kerjasama Organisasi Wanita (BKOW) tahun 2023 mewakili DWP Provinsi Jawa Timur.

“Perempuan Inspiratif itu diikuti perwakilan dari beberapa organisasi wanita. Saya waktu itu mewakili DWP provinsi,” ungkapnya, Selasa (30/4/2024).

Dengan membawa misi Center of Excellence, istri Kepala Badan Pendapatan Daerah sekaligus Pj Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur, Bapak Bobby Soemiarsono ini memiliki beberapa program responsive gender bagi anggota, keluarga, dan masyarakat.

Ia mencanangkan Kantor Bapenda Jatim menjadi Kantor Siaga. Siaga SDM untuk meningkatkan kualitas SDM dan mencerdaskan bangsa, Siaga Sehat untuk memberikan fasilitas kesehatan di lingkungan kantor, Siaga Ekonomi Mandiri untuk meningkatkan kesejahteraan anggota, dan Siaga Sosial untuk menumbuhkan jiwa sosial.

“Saya berpikir apa yang harus saya berikan ke anggota, akhirnya terpikir membuat Ruang Ramah Anak di ruang pertemuan kantor Bapenda Jatim. Ada ruang laktasi dan ruang bermainnya anak-anak,” lanjut perempuan asli Surabaya itu.

Hadirnya Ruang Ramah Anak ini menjadi inovasi tertinggi di bidang Pengarus Utamaan Gender (PUG). Dengan semboyan  “Ibu Dapat Ilmu, Hak Anak Tetap Terpenuhi” ia mengatakan nantinya ibu-ibu bisa hadir di pertemuan tanpa khawatir hak anak tidak terpenuhi.

“Anak-anak nanti ada yang menjaga, jadi ibunya tidak perlu khawatir dan tidak ada alasan lagi untuk tidak hadir dalam pertemuan rutin DWP,” tuturnya.

Selain itu, tahun 2019 lalu ia menjadi penerima nominasi penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Anak berkat kontribusinya dalam Gender Champion mewakili istri Aparatur Sipil Negara (ASN).

“Penilaian APE ini tujuannya ke kantor Bapenda, bukan DWP,  karena kantor Bapenda support gender. Kenapa saya yang jadi penerima nominasi, karena saya sebagai Ketua DWP sangat mendukung program itu,” paparnya.

Foto Ibu Fitri Bobby Soemiarsono (dua dari kiri) saat menerima nominasi Perempuan Inspiratif BKOW (Foto: dok. DWP Bapenda)Ibu Fitri Bobby Soemiarsono (dua dari kiri) saat menerima nominasi Perempuan Inspiratif BKOW (Foto: dok. DWP Bapenda)

Dukung Potensi Perempuan

Ibu Fitri  Bobby dikenal sebagai sosok panutan yang mampu membangkitkan semangat para anggotanya untuk terus berkarya dan menjadi perempuan maju.

Dengan memberikan ruang pada seluruh anggota, ia memberikan kesempatan bagi mereka untuk menunjukkan potensi-potensinya agar berkembang, terutama pada sektor ekonomi produktif.

“Banyak pengetahuan yang kami dapatkan, terutama soal ekonomi produktif. Seperti ibu-ibu itu masih banyak yang belum bisa, itu diajari mulai awal sampai menghasilkan sesuatu yang bernilai ekonomi,” tutur Ibu Efie Sungging, Wakil Ketua I DWP Bapenda Jatim pada Ketik.co.id.

Menariknya, dukungan Ibu Fitri Bobby juga menyasar pada mantan karyawan dari Ikatan Mantan Karyawan dan Istri (Imankarti) supaya tetap produktif.

“Ibu Bobby ini juga memberikan peluang usaha untuk mantan karyawan. Seperti usaha daster itukan dari anggota Imankarti yang sekarang jadi primadona,” lanjutnya.

Baginya, Ibu Fitri Bobby memiliki jiwa telaten untuk membimbing anggota-anggotanya. Ibu Bobby tidak segan untuk mendengarkan masukan dan selalu menemani anggota-anggotanya saat berproses.

“Ibu itu telaten, saya tidak merasa diajari tapi ditemani. Dari saya nggak ngerti apa-apa sampai jadi ngerti,” sambungnya.

Berkat dukungan dan arahan Ibu Fitri Bobby Soemiarsono, DWP Bapenda Jatim beberapa kali meraih prestasi membanggakan.

Seperti Juara 1 Lomba Menulis Essai yang diselenggarakan DWP Provinsi Jawa Timur, Juara Harapan II Lomba MC di acara HUT DWP ke-17 tahun 2016, Juara 1  E-Reporting tahun 2024 yang diselenggarakan DWP Pusat hingga kini telah memiliki 51 produk yang sudah PIRT.

“Saya itu mengibaratkan DWP Bapenda seperti emas. Emas yang meskipun digali dalamnya tetap emas, jadi bukan hanya di permukaannya saja. Ini yang harus kami support dan kembangkan,” ujar Ibu Fitri Bobby.

Foto Pengurus DWP Bapenda Jatim saat perayaan Hari Kartini di kantor Bapenda Jatim (Foto: Fatimah/Ketik.co.id)Pengurus DWP Bapenda Jatim saat perayaan Hari Kartini di kantor Bapenda Jatim (Foto: Fatimah/Ketik.co.id)

Sosok Out of The Box

Selain punya jiwa telaten dan menyukai tantangan, Ibu Fitri Bobby dikenal sebagai sosok out of the box. Dengan kata lain, ide-ide yang digagas perempuan kelahiran 1966 ini berbeda dari yang lain serta solutif.

“Gagasannya Ibu itu seringkali berbeda dari yang lain. Sehingga sangat membantu untuk kemajuan Dharma Wanita dan kantor Bapenda,” Ibu tutur Efie Sungging.

Cara pandang ini rupanya tak lepas dari sosok sang suami. Sebagai penasihat DWP Bapenda Jatim, Bapak Bobby Soemiarsono selalu mendukung dan memberikan arahan untuk memiliki sudut pandang berbeda.

“Bapak itu support sekali. Waktu itu saya sempat nggak pede untuk memimpin DWP Bapenda, tapi kata beliau saya bisa, ambil sisi lainnya, ” ungkap Ibu Fitri Bobby.

Berkat dukungan besar  tersebut, Ibu Fitri Bobby kini mampu mengantarkan DWP Bapenda Jatim meraih kemajuan hingga mendapatkan nominasi penghargaan.

“DWP ini luar biasa. Jadi harapan ke depan,  Ibu-ibu DWP Bapenda tetap terus mau belajar dan berkarya, karena ada amanah yang harus kami emban sebagai istri ASN untuk menjalankan visi misi penting DWP, yakni meningkatkan SDM dan mensejahterakan anggota serta masyarakat,” pesannya. (*) 

Tombol Google News

Tags:

Fitri Bobby Soemiarsono Bobby Soemiarsono DWP Bapenda Jatim Perempuan Inspiratif Gender Champion
04. Home Sidebar 1
06. Home Sidebar 3 04. Home Sidebar 1