Tingkatkan Kepedulian antar Sesama, DWP Bapenda Jatim Gelar Buka Bersama Anak Yatim

Jurnalis: Siti Fatimah
Editor: M. Rifat

2 April 2024 16:40 2 Apr 2024 16:40

Thumbnail Tingkatkan Kepedulian antar Sesama, DWP Bapenda Jatim Gelar Buka Bersama Anak Yatim Watermark Ketik
Keluarga besar DWP Bapenda Jatim di acara Buka Bersama Anak Yatim (2/4/2024) (Foto: Fatimah/Ketik.co.id)

KETIK, SURABAYA – Untuk meningkatkan rasa kepedulian dan solidaritas kepada sesama di bulan suci Ramadan, Dharma Wanita Persatuan (DWP) Bapenda Jatim gelar buka puasa bersama anak yatim di sekitar kantor Bapenda Jatim, Selasa (2/4/2024).

Acara yang digelar di kantor Bapenda Jatim ini berlangsung hangat dan penuh keceriaan dihadiri 15 anak yatim serta seluruh keluarga besar DWP Bapenda Jatim, baik pengurus maupun anggota.

“Anak-anak yatim ini berasal dari keluarga besar Bapenda sendiri. Jadi anak yang ditinggal salah satu orang tuanya, baik ibunya atau ayahnya. Kami berbagi dengan mereka, lingkungan terdekat kami dulu,” tutur Rina Ikmal Putera, Ketua Bidang Sosial Budaya DWP Bapenda Jatim.

Selaras dengan itu, Ibu Fitri Bobby Soemiarsono, Ketua DWP Bapenda Jatim juga menuturkan acara ini mengajarkan rasa syukur serta semangat solidaritas dan kepedulian sosial kepada sesama, terutama pada anak-anak DWP Bapenda Jatim.

 “DWP memiliki peran sangat penting dalam memberikan kontribusi positif bagi masyarakat, terutama bagi mereka yang membutuhkan,” ungkap Ibu Fitri Bobby dalam sambutannya.

Parenting dan Belajar Jadi EO

Acara ini, lanjut Ibu Fitri Bobby, merupakan sinergi antara tiga bidang yang ada di DWP Bapenda Jatim. Bidang tersebut yakni pendidikan, sosial budaya, dan ekonomi.

Bidang pendidikan mengajarkan pentingnya parenting atau pola asuh anak. Anak-anak diajarkan pentingnya bersyukur dengan berbagi terhadap orang-orang sekitar yang membutuhkan.

Foto Anak-anak belajar menjadi EO dengan menjadi MC acara (Foto: Fatimah/Ketik.co.id)Anak-anak belajar menjadi EO dengan menjadi MC acara (Foto: Fatimah/Ketik.co.id)

Tidak hanya itu, menariknya di acara ini anak-anak bisa belajar langsung menjadi Event Organizer (EO). Mulai dari menjadi pembawa acara hingga membacakan doa di depan undangan yang hadir.

“Di sini anak-anak juga belajar jadi EO. Tadi sangat hebat, saya sangat bangga mempunyai anak-anak luar biasa, mereka tidak malu dan hafal salah satu surat lengkap sama artinya,” ungkap Ibu Fitri Bobby.

Sementara untuk bidang sosial budaya, anak-anak diajarkan meningkatkan ketakwaan, keimanan, dan rasa syukur pada Tuhan Yang Maha Esa.

Lalu, bidang ekonomi ada pada pembelian kebutuhan goodie bag. Semua saling bekerjasama untuk menyukseskan acara dan berbagi keberkahan di bulan Ramadan ini.

Dongeng Kak Nobhita dan Chika

Sebagai hiburan, DWP Bapenda Jatim menghadirkan penampilan dari Kak Nobhita dan Chika. Kak Nobhita membacakan dongeng inspiratif berjudul Ibuku Sayang ditemani boneka lucu bernama Chika.

Foto Serunya mendongeng bersama Kak Nobhita dan Chika di acara bukber bersama anak yatim (Foto: Fatimah/Ketik.co.id)Serunya mendongeng bersama Kak Nobhita dan Chika di acara bukber bersama anak yatim (Foto: Fatimah/Ketik.co.id)

Antusiasme dan keceriaan terlihat di wajah anak-anak yang hadir. Mereka menyimak setiap penggalan kisah yang dibacakan Kak Nobhita sambil sesekali mengacungkan tangan berusaha menjawab pertanyaan dari Kak Nobhita.

Setelah penampilan dari Kak Nobhita, buka puasa pun tiba. Anak-anak menyantap hidangan yang disediakan panitia, ada donat warna warni, es cincau yang menyegarkan, dan nasi dengan lauk yang lezat.

Acara terakhir, anak-anak diajak untuk salat Maghrib berjamaah bersama seluruh keluarga besar DWP Bapenda Jatim. (*)

Tombol Google News

Tags:

DWP Bapenda Jatim Bukber DWP Bapenda Jatim Dharma Wanita Persatuan Ibu Bobby Soemiarsono Ramadan Hikmahramadan
04. Home Sidebar 1
06. Home Sidebar 3 04. Home Sidebar 1