Begini Sosok Kandidat Cawapres Anies Baswedan yang Diinginkan PKS

Jurnalis: Mustopa
Editor: M. Rifat

22 Agustus 2023 09:39 22 Agt 2023 09:39

Thumbnail Begini Sosok Kandidat Cawapres Anies Baswedan yang Diinginkan PKS Watermark Ketik
(Grafis: Rihad Humala/Ketik.co.id)

KETIK, JAKARTA – Presiden PKS Ahmad Syaikhu membeberkan kriteria kandidat calon wakil presiden (cawapres) yang diinginkan untuk mendampingi Anies Baswedan. Syaikhu menghendaki sosok yang nasionalis dan religius.

”Tentu kita ingin bahwa kandidat calon wakil presiden yang dipilih memiliki kriteria yang memiliki wawasan nasionalis, religius,” kata Syaikhu seperti dilansir Suara.com, jaringan Ketik.co.id, Selasa (22/8/2023).

Politisi asal Cirebon, Jawa Barat ini juga mengharapkan kandidat cawapres yang mampu bekerjasama dengan baik. Sehingga dalam perjalanannya tidak akan menimbulkan perselisihan.

Di samping itu, kandidat cawapres harus mampu mendongkrak elektabilitas Anies dengan basis elektoral yang kuat. ”Jadi ketika dipasangkan bukan makin turun elektabilitasnya, tapi makin meningkat,” tegasnya.

Syaikhu tidak mempersoalkan kandidat tersebut berasal dari partai politik atau bukan. ”Kami juga di PKS mengusulkan kepada pak Anies sebagaimana dalam Musyawarah Majelis Syura menentukan beberapa nama ke Pak Anies,” tandasnya.

Sebelumnya, PKS melalui Ketua DPP, Mardani Ali Sera mendorong agar Anies Baswedan segera mendeklarasikan kandidat calon wakil presiden. Mardani menilai waktu yang dimiliki Koalisi Perubahan untuk Persatuan tidak banyak karena sudah tersisa 6 bulan.

”Waktu enam bulan itu waktu paling minimal untuk kita bisa penetrasi ke akar rumput yang efektif,” jelas Mardani.

Ia juga mengingatkan agar Anies Baswedan tidak menunggu yang tidak pasti terkait kandidat calon wakil presiden. ”Sebenarnya yang pasti sudah ada,” tandasnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

Anies Baswedan PKS pilpres2024 Ahmad Syaikhu pemilu2024