Bupati Jember Janjikan 200 Juta kepada Kades yang Tingkatkan Partisipasi Pemilu

Jurnalis: Fenna Nurul
Editor: M. Rifat

31 Mei 2023 05:43 31 Mei 2023 05:43

Thumbnail Bupati Jember Janjikan 200 Juta kepada Kades yang Tingkatkan Partisipasi Pemilu Watermark Ketik
Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kabakesbangpol) Edi Budi Susilo (tengah) saat melakukan sosialisasi di Balai Desa Bangorejo, Kecamatan Gumukmas, Selasa (30/5/2023) (Foto: Diskominfo Jember)

KETIK, JEMBER – Berbagai upaya dilakukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jember untuk menyukseskan Pemilu 2024 mendatang. Salah satunya menggelar Sosialisasi Pemilu 2024 secara masif terkait partisipasi masyarakat, upaya mewujudkan pemilu yang demokratis dan berkualitas.

Sebelumnya tingkat partisipasi pemilu di Kabupaten Jember dinilai cukup baik. Tercatat sebanyak 70-80 persen untuk pemilu dan 55-60 persen untuk pemilu kepala daerah.

Pemkab Jember mengajak setiap perangkat desa meningkatkan jumlah partisipasi pemilu melalui berbagai kelompok masyarakat. Hal itu disampaikan Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kabakesbangpol) Edi Budi Susilo saat melakukan sosialisasi di Balai Desa Bangorejo, Kecamatan Gumukmas, Selasa (30/5/2023).

"Saya berharap, masyarakat tidak apatis dan menggunakan hak pilihnya pada pemilu dan pemilukada tahun depan," papar Edi.

Dirinya menjelaskan sosialisasi kepada masyarakat dapat dilakukan melalui berbagai media, seperti cetak, elektronik, bahkan hiburan yang sesuai dengan minat warga setempat.

Lanjutnya, bupati juga mengajak setiap kepala desa untuk meningkatkan jumlah partisipasi pemilu tahun mendatang. "Yang mampu meningkatkan partisipasi pemilu sampai 90 persen lebih, akan dapat hadiah senilai Rp 200 juta," tegasnya.

Hadiah tersebut berupa proyek dan menggunakan dana di luar DD dan ADD. "Untuk itu, setiap kepala desa terpilih bebas mengusulkan proyek yang sesuai dengan kebutuhan desa mereka masing-masing. Tentunya, yang menjadi prioritas," pungkas Edi.(*)

Tombol Google News

Tags:

pemilu2024 Jember Demokrasi sukseskan pemilu Bupati Jember