Cara Mudah Merawat Rambut Panjang Agar Tidak Kusut

Jurnalis: Husni Habib
Editor: M. Rifat

7 September 2023 22:53 7 Sep 2023 22:53

Thumbnail Cara Mudah Merawat Rambut Panjang Agar Tidak Kusut Watermark Ketik
Ilustrasi penggunaan sisir rambut. (Foto: Pexels)

KETIK, JAKARTA – Bagi para wanita rambut kerapkali dianggap sebagai mahkota, berangkat dari hal tersebut tidak heran jika wanita menginginkan rambut yang panjang dan juga sehat.

Namun seperti yang kita ketahui jika merawat rambut yang panjang memerlukan energi ekstra. Rambut panjang rentan kusut dan juga patah. sehingga membuat penampilan terlihat berantakan dan nggak rapi.

Berikut ini adalah beberapa tips merawat rambut panjang agar tampil rapi.

1. Gunakan sisir yang tepat

Sisir menjadi salah satu benda penting yang wajib dibawa ke mana-mana oleh pemilik rambut panjang, terlebih yang sering mengalami kusut. Namun, jangan sembarangan memilih sisir. Tahukah kamu kalau penggunaan sisir yang kurang tepat justru bisa bikin rambut jadi mudah patah dan rontok?

Untuk mengatasi rambut panjang yang mudah kusut, pastikan pilih sisir paddle brush atau detangler brush khusus yang memiliki gigi jarang. Sisir tersebut cocok untuk merapikan rambut kusut agar mudah terurai serta meminimalisir patah dan rontok.

2. Gunakan teknik menyisir yang benar

Setelah memilih sisir yang tepat. Hal yang harus diperhatikan adalah bagaimana teknik menyisir rambut yang benar. Jika biasanya kamu menyisir rambut dari akar hingga ujung, cara ini tidak bisa digunakan jika rambut sedang kusut.

Jika dipaksa maka rambut akan patah dan rontok. Cara menyisir rambut kusut yang benar adalah dengan menyisirnya dari bawah. Uraikan bagian yang kusut terlebih dahulu. Jika sudah baru rambut dapat disisir dari akar ke ujung.

3. Gunakan minyak rambut atau serum 

Penggunaan minyak rambut atau serum berguna untuk menjaga kelembapan rambut. Karena rambut yang mudah kusut adalah yang memiliki tekstur kasar dan cenderung kering.

Kamu bisa memanfaatkan hot oil treatment dari bahan-bahan alami, misalnya saja Argan Oil atau Coconut Oil. Gunakan sedikit saja hanya di bagian ujung rambut.

4. Merawat rambut dengan produk yang tepat

Kalau punya rambut yang mudah kusut, penggunaan produk perawatan rambut jadi poin utama yang wajib diperhatikan. Pastikan gunakan sampo dan kondisioner yang memiliki formula melembutkan dan melembapkan rambut, sehingga tidak terasa kering dan mudah tersangkut.

Selain perawatan harian dengan keramas, jangan lupakan juga weekly treatment menggunakan hair mask.(*)

Tombol Google News

Tags:

Rambut panjang sisir Perawatan minyak rambut