Dahsyatnya Manfaat Air Kelapa Bagi Kesehatan

Jurnalis: Mustopa
Editor: M. Rifat

22 Agustus 2023 23:00 22 Agt 2023 23:00

Thumbnail Dahsyatnya Manfaat Air Kelapa Bagi Kesehatan Watermark Ketik
Manfaat air kelapa bagi kesehatan (Foto: durefoods)

KETIK, JAKARTA – Air kelapa dikenal sebagai minuman yang mampu mengobati dehidrasi karena kandungan elektrolitnya. Namun, manfaat air kelapa tidak sekadar sebagai penghilang rasa haus.

Menurut beberapa penelitian, air kelapa mampu mencegah dan mengobati beragam penyakit. Termasuk penyakit yang berbahaya dan berakibat fatal bagi penderitanya.

Berikut beberapa manfaat dari air kelapa bagi kesehatan:

Membantu Detoksifikasi

Air kelapa bisa mengeluarkan racun dari dalam tubuh atau detoksifikasi karena kandungan mineral, elektrolit dan antioksidan di dalamnya. Di samping itu, air kelapa bisa membuat kulit tampak lebih sehat.

Mencegah Batu Ginjal

Minum air kelapa dalam jumlah yang sedang bisa mencegah pembentukan batu ginjal. Air kelapa juga baik dikonsumsi orang yang sehat karena bisa membuang klorin dan sitrat dalam urin.

Mencegah Infeksi Saluran Kemih

Air kelapa dapat mencegah terjadinya infeksi saluran kemih karena bersifat diuretik atau meningkatkan intensitas buang air kecil. Dengan begitu, racun dalam tubuh bisa keluar melalui urin.

Menjaga Kesehatan Pencernaan

Mengonsumsi air kelapa bisa membantu menjaga kesehatan pencernaan karena cairan tersebut kaya akan mangan. Beragam masalah pada sistem pencernaan bisa diatasi karena air kelapa dapat mengatur pergerakan usus.

Mengurangi Tekanan  Darah Tinggi

Bagi penderita hipertensi, air kelapa cocok sangat disarankan untuk dikonsumsi karena bisa mengatur tekanan darah. Air kelapa kaya akan potasium yang dapat menjaga kesehatan jantung dan melindungi dari stroke.

Mengatur Kadar Gula Darah

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa air kelapa mampu memperbaiki gejala diabetes karena bisa mengatur kadar gula darah. Kandungan mangan di dalamnya dapat meningkatkan sensitivitas insulin.

Mencegah Penyakit Jantung

Manfaat air kelapa dalam mengatur kadar kolesterol bisa mencegah terjadinya penyakit jantung. Air kelapa meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh.(*)

Tombol Google News

Tags:

Air kelapa manfaat Khasiat