Delapan dari 13 Pj Kepala Daerah di Jatim, Usulan Gubernur Khofifah

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Marno

23 September 2023 09:10 23 Sep 2023 09:10

Thumbnail Delapan dari 13 Pj Kepala Daerah di Jatim, Usulan Gubernur Khofifah Watermark Ketik
Grafis: Rihad Humala/Ketik.co.id

KETIK, SURABAYA – Dari 13 Penjabat (Pj) kepala daerah di Jawa Timur yang dipilih oleh kementerian dalam negeri (kemendagri), ternyata 8 Pj bupati/wali kota di antaranya merupakan usulan Gubernur Khofifah. Usulan itu tertuang dalam surat bernomor 131/30005/011.2/2023 yang ditujukan ke menteri dalam negeri (mendagri). 

Delapan Pj bupati/wali kota usulan Gubernur Khofifah yang  disetujui oleh mendagri adalah Pj Bupati Lumajang Indah Wahyuni, Pj Bupati Pasuruan Andriyanto, Pj Bupati Pamekasan Masrukin, Pj Bupati Magetan Hergunandi, Pj Bupati Bondowoso Bambang Soekwanto, Pj Bupati Probolinggo Ugas Irwanto, Pj Bupati Madiun Ir Tontro Pahlawanto, dan Pj Bupati Tulungagung Heru Suseno, 

Sedangkan 5 Pj bupati/wali kota yang lain merupakan hasil pilihan dari mendagri. Nama ke-5 Pj tersebut adalah Pj Wali Kota Malang Wahyu Hidayat, Pj Bupati Nganjuk Sri Handoko Taruna, Pj Bupati Bangkalan Arif Mulya Adi, Pj Bupati Jombang Sugiat, Pj Bupati Bojonegoro Direktur di Kementrian Keuangan

Sebelumnya, Kepala Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah Didik Chusnul Yakin memastikan pihaknya sudah mendapatkan informasi langsung dari Kemendagri terkait ke-13 nama Pj bupati/wali kota di Jatim pada Jumat (22/9/2023).

Didik mengatakan akan berangkat ke kantor Kemendagri di Jakarta pada, Sabtu (23/9/2023) bersama 12 nama Pj yang akan menggantikan kepala daerah yang masa tugasnya akan habis pada 24 September 2023 mendatang.

Para Pj bupat/wali kota akan mengambil SK dan mendapatkan pengarahan dari pemerintah pusat. Sedangkan untuk 1 Pj lainnya menyusul pada 25 September 2023.

"Tadi sudah ditelepon oleh Direktur Fasilitasi Kepala Daerah Ditjen Otda Kemendagri, disuruh ke Jakarta besok (hari ini) untuk mengambil SK bersama 12 nama Pj," jelas Didik saat dikonfirmasi Ketik.co.id, Jumat (21/9/2023).

Didik menambahkan untuk pelantikan akan dilakukan sesuai rencana pada 24 September 2023. Pelantikan akan dilakukan oleh Gubernur Khofifah."Untuk pelantikan insyaallah akan kami laksanakan pada 24 September 2023. Setelah kami kembali dari kantor Kemendagri di Jakarta," pungkasnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

Pj Kepala Daerah Bupati Wali kota Jawa timur Khofifah Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah Pemprov Jatim Didik Chusnul Yakin