Dilantik Jadi Ketua DPRD Kota Malang, Amithya Ratnanggani Teruskan Jejak Ibuya

Jurnalis: Lutfia Indah
Editor: Gumilang

24 Oktober 2024 17:00 24 Okt 2024 17:00

Thumbnail Dilantik Jadi Ketua DPRD Kota Malang, Amithya Ratnanggani Teruskan Jejak Ibuya Watermark Ketik
Amithya Ratnanggani Sirraduhita, tokoh perempuan yang kini menjabat sebagai Ketua DPRD Kota Malang. (Foto: Lutfia/Ketik.co.id)

KETIK, MALANG – Amithya Ratnanggani Sirraduhita resmi dilantik menjadi Ketua DPRD Kota Malang periode 2024-2029, Kamis 24 Oktober 2024. Hal tersebut menjadikannya sebagai tokoh perempuan yang berhasil menggeser dominasi kepemimpinan laki-laki di lembaga legislatif.

Amithya juga melanjutkan rekam jejak ibunya, Sri Rahayu yang menjadi Ketua DRPD Kota Malang periode 1999-2004, hasil Pemilu pertama. Sejak saat itu, DPRD Kota Malang dinahkodai oleh piminan laki-laki selama 6 periode berturut-turut.

Politisi PDI Perjuangan itu menjelaskan akan fokus pada kebutuhan esensial masyarakat khususnya di bidang pendidikan, kesehatan dan lainnya. Hal tersebut untuk memastikan bahwa ada jaminan terhadap kesejahteraan masyarakat.

"Mulai dari pendidikan, kesehatan dan lain sebagainya, itu yang perlu kami garis bawahi bersama lembaga eksekutif untuk bisa mensejahterakan masyarakat Kota Malang," ujarnya usai pelantikan di gedung DRPD Kota Malang.

Di bidang ekonomi, Amithya juga menyoroti pengembangan UMKM sebagai penggerak perekonomian masyarakat. Ia berharap selama lima tahun kepemimpinannya ke depan, pemberdayaan masyarakat dapat berjalan maksimal.

Tak hanya itu ia juga memastikan bahwa Gedung DPRD Kota Malang dapat benar-benar menjadi rumah rakyat. Masyarakat pun dapat dengan bebas menyampaikan keresahan dan aspirasi kepada wakil-wakil rakyat.

"Masyarakat bisa mengeluh ke kami, menyampaikan aspirasi dan hal-hal yang terbaik untuk Kota Malang. Kemudian mendapatkan kenyamanan bersama dengan kami di eksekutif dan legislatif," tambahnya.

Menurut Amithya, persoalan di Kota Malang semakin kompleks dan menjadi tantangan tersendiri untuk mendapatkan solusi. Untuk itu ia bersama anggota dewan lainnya akan berupaya melanjutkan kinerja yang telah dirancang dan disesuaikan dengan RPJMD Kota Malang.

"Selanjutnya pastinya kami menyesuaikan dengan apa yang sudah dirancang di RPJMD. Jadi untuk setahun besok, sesuai dengan pelemparan KUA-PPAS APBD 2025," katanya.

Amithya kini menggantikan seniornya dari Partai PDI Perjuangan yakni I Made Riandiana Kartika yang sebelumnya merupakan Ketua DPRD Kota Malang 2019-2024.

Amithya dilantik bersama tiga orang Wakil Ketua DPRD Kota Malang. Posisi sebagai Wakil Ketua I diisi oleh Abdurrochman, Wakil Ketua II Trio Agus Purwono dan Wakil Ketua III Rimzah.

Sebagai informasi, jabatan Ketua DPRD Kota Malang secara berturut-turut diisi oleh Sri Rahayu (1999-2004), Priyatmoko Oetomo (2004-2009), Arif Darmawan (2009-2014), Arief Wicaksono (2014-2017), Abdul Hakim (2017-2018), Bambang Heri Susanto (2018-2019), I Made Riandiana Kartika (2019-2024), dan Amithya Ratnanggani Sirraduhita (2024-2029). (*)

 

Tombol Google News

Tags:

DPRD Kota Malang Pelantikan DPRD Kota Malang Ketua DPRD Kota Malang pemimpin perempuan Amithya Ratnanggani Sirraduhita Tokoh Perempuan Kota Malang