Gebrakan Mengejutkan! Rektor Unisma Persiapkan Program Beasiswa untuk Warga Suriname

Jurnalis: Lutfia Indah
Editor: Muhammad Faizin

24 Oktober 2024 17:00 24 Okt 2024 17:00

Thumbnail Gebrakan Mengejutkan! Rektor Unisma Persiapkan Program Beasiswa untuk Warga Suriname Watermark Ketik
Rektor Unisma, Prof Junaidi yang berkeinginan berikan beasiswa bagi warga Suriname. (Foto: Lutfia/Ketik.co.id)

KETIK, MALANG – Rektor Universitas Islam Malang (Unisma), Prof. Drs. H. Junaidi merencanakan gebrakan mengejutkan di dunia pendidikan. Pasalnya program beasiswa khusus untuk warga Suriname tengah digarap oleh para petinggi Unisma.

"Ini yang saya masih belum kesampaian, ingin memberi beasiswa bagi Suriname. Di sana banyak keturunan Jawa, ada hampir 20 persen. Katanya sekarang sudah generasi ke lima," ujar Prof Junaidi, Kamis 24 Oktober 2024.

Prof Junaidi menjelaskan saat pertemuan dengan Konsulat Jendral RI di Istanbul, terdapat mantan direktur yang membidangi wilayah Amerika Serikat mengatakan siap membantu menghubungkan Unisma dengan Kedutaan Besar Indonesia di Paramaribo, Ibu Kota Suriname.

Rencana tersebut tengah diproses bersama Kantor Urusan Internasional (KUI) Unisma. Terlebih dalam milestone pengembangan Unisma, tengah mencanangkan diri sebagai world class university.

"Bisa jadi jika kerjasama berhasil terealisasi, kita datangkan orang Suriname untuk kuliah di sini. Atau mahasiswa Unisma bisa juga ke Suriname. Kan sekarang banyak mahasiswa kita yang melakukan kegiatan International Community Engagement," tambahnya.

Prof Junaidi menjelaskan bahwa rencana tersebut dilatarbelakangi oleh latar belakang budaya yang saling berkaitan. Diketahui bahwa banyak keturunan orang Jawa yang menjadi warga negara Suriname.

"Dulu sekitar tahun 1800an kan sama-sama jajahan Belanda. Belanda buka perkebunan tebu di sana dan butuh tenaga kerja, didatangkan dari Jawa terus mereka memiliki keturunan," jelas pria kelahiran Lumajang itu.

Ia berharap dengan menginisiasi beasiswa bagi warga Suriname, dapat menjadi pijakan baru dalam mengenal budaya nenek moyang asli mereka. Dengan demikian, napak tilas sekaligus manfaat pendidikan yang diperoleh Unisma dan Suriname dapat berjalan maksimal.

"Keturunan Jawa di sana mulai banyak yang tidak bisa Bahasa Jawa sehingga ketika kembali ke sini (Jawa) bisa fasih atau mengerti lagi. Tapi tetap akan kita tetapkan kuota juga bagi mereka," tutupnya.

Tombol Google News

Tags:

Beasiswa Suriname UNISMA Universitas Islam Malang Suriname Beasiswa Unisma Rektor Unisma Prof Junaidi