Diskopindag Kenalkan Pasukan Wastib Pasar kepada Pj Wali Kota Malang

Jurnalis: Lutfia Indah
Editor: Mustopa

17 April 2024 08:15 17 Apr 2024 08:15

Thumbnail Diskopindag Kenalkan Pasukan Wastib Pasar kepada Pj Wali Kota Malang Watermark Ketik
Para Wastib ketika melakukan halal bi halal dengan jajaran Pemerintah Kota Malang. (Foto: Lutfia/Ketik.co.id)

KETIK, MALANG – Dinas Koperasi, Perindustrian, dan Perdagangan (Diskopindag) Kota Malang mendapatkan kunjungan dari Pj Wali Kota Malang Wahyu Hidayat pada Rabu (17/4/2024).

Tak hanya untuk memantau layanan kepada masyarakat, Wahyu juga mendapatkan sambutan hangat dari Pasukan Pengawasan dan Penertiban (Wastib) Pasar.

Kepala Diskopindag Kota Malang, Eko Sri Yuliadi menjelaskan, Pasukan Wastib berwenang dalam menjaga ketertiban di area dalam pasar. Mereka juga seringkali membantu Satpol PP untuk menertibkan PKL yang ada di sekitar pasar.

"Kami ada Pasukan Wastib yang bertugas untuk melakukan penertiban khusus pasar. Kalau penertiban di luar pasar itu membantu Satpol PP untuk menertibkan PKL," ujar Eko usai halalbihalal di Kantor Diskopindag Kota Malang.

Kota Malang memiliki 26 pasar yang masih berfungsi dan tersebar di lima kecamatan. Untuk menjaga ketertiban di seluruh pasar itu, terdapat sekitar 50 Wastib yang bertugas.

"Pasukan Wastib melakukan pengawasan dan penertiban di pasar, berjalan sendiri. Mereka ke 26 pasar untuk menertibkan bagian dalam pasar. Total Pasukan Wastib kita ada sekitar 50 orang untuk 26 pasar," lanjutnya.

Sementara itu, Pj Wali Kota Malang, Wahyu Hidayat menjelaskan Pasukan Wastib diharapkan dapat bersinergi dengan Paguyuban Pedagang Pasar se-Kota Malang (P3KM) dalam menjalankan tugasnya.

"Pastinya sangat dirasakan untuk penertiban bagi pedagang pasar atas hadirnya Wastib. Semoga ada sinergi dengan P3KM karena banyak laporan terkait giat dari dinas, pedagang, warga, yang disampaikan ke saya," ujar Wahyu.

Di samping itu, Wahyu juga sempat membahas bahwa peran Diskopindag Kota Malang sangat dibutuhkan bagi warga dan juga Kota Malang. Terlebih Diskopindag memiliki peran krusial dalam mengatasi inflasi.

"Diskopindag punya tanggungjawab besar untuk kendalikan inflasi. Salah satu tugas saya juga sebagai Pj Wali Kota Malang untuk bisa stabilkan inflasi. Termasuk ekonomi kreatif itu juga bagian tanggung jawab saya yang banyak melekat dengan Diskopindag," lanjutnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

Pasukan Wastib Kota Malang Diskopindag Kota Malang Pengawasan dan Penertiban Pasar Pasar Kota Malang