dr Penta, Ahli Urologi RSSA Malang Ajak Pria Cegah Kanker Testis

Jurnalis: Nata Yulian
Editor: Naufal Ardiansyah

4 April 2023 02:19 4 Apr 2023 02:19

Thumbnail dr Penta, Ahli Urologi RSSA Malang Ajak Pria Cegah Kanker Testis Watermark Ketik
Dokter spesialis bedah urologi RSSA Malang Dr. dr. Kurnia Penta Seputra, Sp.U(K). (Foto: Dok. RSSA Malang for Ketik.co.id)

KETIK, MALANG – Dokter spesialis bedah urologi RSUD Dr Saiful Anwar Malang (RSSA Malang) Dr. dr. Kurnia Penta Seputra, Sp.U(K) memberikan edukasi tentang kesadaran kanker testis kepada masyarakat.

Dokter Penta menjabarkan “Testicular Cancer Awareness Week” atau “Pekan Kesadaran Kanker Testis” yakni waktu penting dalam setahun yang didedikasikan untuk meningkatkan kesadaran tentang kanker testis, risikonya, dan pencegahannya.

"Kampanye selama seminggu ini berlangsung setiap tahun dari tanggal 1 hingga 7 April," kata Dokter Penta dalam keterangan tertulisnya, Selasa (4/4/2023).

Anggota KSM Urologi RSSA Malang ini menjelaskan bahwa pekan kesadaran kanker testis ini bertujuan untuk mengedukasi pria tentang pentingnya deteksi dini, pemeriksaan diri, dan mencari nasihat medis jika ada kelainan testis.

Selama minggu ini, berbagai organisasi, pakar kesehatan, dan individu berkumpul untuk menyebarkan kesadaran tentang kanker testis melalui media sosial, kampanye, dan acara.

Indonesian Society of Oncological Urology (InaSOU) adalah organisasi keseminatan dokter spesialis urologi subspesialisasi onkologi di bawah naungan Ikatan Ahli Urologi Indonesia (IAUI) bermaksud mendukung kampanye untuk meningkatkan kesadaran pria terhadap kanker testis.

Dokter Penta menerangkan, kanker testis adalah jenis kanker yang berkembang di testis, yaitu kelenjar reproduksi pria yang terletak di dalam skrotum.

Kanker testis adalah salah satu jenis kanker yang berbahaya dan dapat mematikan, tetapi sangat dapat disembuhkan jika dideteksi lebih dini.

Testicular Cancer Awareness Week mendorong pria untuk menjadi lebih sadar akan tubuh mereka dan mencari bantuan medis jika mereka melihat adanya perubahan atau kelainan pada testis mereka.

"Dengan meningkatkan kesadaran tentang kanker testis dan risikonya, kami dapat membantu mencegah penyakit ini menyerang lebih banyak pria dan memberi mereka dukungan dan sumber daya yang mereka butuhkan untuk mengatasinya," pungkasnya.

Pelayanan tatalaksana kanker testis bisa didapatkan melalui RSUD dr. Saiful Anwar Malang, Jawa Timur. Pelayanan kanker testis diberikan melalui poliklinik Urologi, mencakup skrining diagnostik berupa pemeriksaan laboratorium dan radiologis yang lengkap, pelayanan bedah pengangkatan tumor, serta kemoterapi pada penderita kanker testis.

Pelayanan RSUD dr. Saiful Anwar yang paripurna diharapkan mampu memberikan manajemen komprehensif yang dapat memperbaiki kualitas hidup pasien, dalam hal ini penderita kanker testis. (*)

Tombol Google News

Tags:

Dokter Penta Dr dr Kurnia Penta Seputra Urologi RSSA Malang Kanker Testis