DWP Bapenda Jatim dan UPN Kolaborasi Gelar Bina UMKM Perbaiki Laporan Keuangan

Jurnalis: Siti Fatimah
Editor: M. Rifat

20 Maret 2024 02:59 20 Mar 2024 02:59

Thumbnail DWP Bapenda Jatim dan UPN Kolaborasi Gelar Bina UMKM Perbaiki Laporan Keuangan Watermark Ketik
Ibu Ketua DWP Bapenda Jatim, Fitri Bobby Soemiarsono (tengah) bersama jajaran pengurus DWP Bapenda Jatim (Foto: Dok. Instagram DWP Bapenda Jatim)

KETIK, SURABAYA – Untuk tingkatkan kemampuan menyusun laporan keuangan, Dharma Wanita Persatuan (DWP) Bapenda Jatim berkolaborasi dengan UPN Veteran Jatim gelar Bina UMKM bagi ibu-ibu pelaku UMKM di enam kota se-Jawa Timur.

Kabar baik ini disampaikan langsung Tituk Orbah Yudha, Ketua Bidang Ekonomi DWP Bapenda Jatim pada Ketik.co.id, Selasa (19/3/2024).

“Dari arahan Ibu ketua, Ibu Bobby Soemiarsono kemarin Alhamdulillah kami mendapatkan MoU dengan UPN Veteran Jatim, di mana nanti akan mengadakan Bina UMKM,” ungkap Tituk saat ditemui di Kantor Bapenda Jatim.

Acara ini, kata Tituk, telah disetujui Kemendikti yang InsyaAllah berlangsung setelah hari raya Idul Fitri.

“Alhamdulillah sudah disetujui sama Dikti. Awalnya kami mengajukan 35 kota ke UPN, ternyata waktu UPN memberikan ke Dikti di Jakarta, yang disetujui 6 kota dulu. Ada Tuban, Lamongan, Madiun, Malang, Kediri, dan Tulungagung,” lanjutnya.

Di setiap kota  nantinya mahasiswa dan dosen UPN Jawa Timur akan membina ibu-ibu pelaku UMKM cara membuat laporan keuangan yang baik dan benar.

“Nanti dari pihak UPN akan mengirimkan 6 mahasiswa semester 6 dari Jurusan Akuntansi untuk membantu ibu-ibu membuat laporan keuangan yang benar. Jadi laporan keuangannya itu diperbaiki sama mereka,” jelas Tituk.

Untuk jumlah pelaku UMKM yang dibina menyesuaikan dengan jumlah UMKM di tiap-tiap kota. Sementara durasi pelaksanaannya, ditargetkan sekitar satu minggu sampai dua minggu. 

“Mahasiswa juga nantinya dapat poin tambahan untuk mata kuliahnya, karena sudah berpartisipasi di Bina UMKM ini. Jadi saling menguntungkan. Kami menyediakan objeknya untuk praktik, mahasiswa yang turun langsung membina memperbaiki laporan keuangan UMKM kami,” paparnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

DWP Bapenda Jatim Dharma Wanita Persatuan Bina UMKM Bapenda Jatim