Empat Dosen Unusa Berikan Peralatan Kesehatan ke UPT SDN 145 Gresik

Jurnalis: Moch Khaesar
Editor: Arief

20 Juni 2023 06:51 20 Jun 2023 06:51

Thumbnail Empat Dosen Unusa Berikan Peralatan Kesehatan ke UPT SDN 145 Gresik Watermark Ketik
Salah satu dosen Keperawatan Unusa Priyo Mukti Pribadi Winoto didampingi Kepala Sekolah UPT SDN 145 Gresik, Siti Chomsiyah memasangkan jas dokter cilik dan kader kesehatan, Selasa (20/6/2023). (Foto : M.Khaesar/Ketik.co.id)

KETIK, GRESIK – Empat dosen Keperawatan Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa) memberikan peralatan Usaha Kesehatan Sekolah atau UKS dan Kebersihan di UPT SDN 145 Gresik.

Keempat dosen itu antara lain Arif Helmi Setiawan M.Kep, Priyo Mukti Pribadi Winoto, Difran Nobel Bistara, dan Moch Ikhwan, yang sebelumnya melakukan pengabdian masyarakat di sekolah setempat.

"Kami memberikan ini agar UKS yang ada di sekolah bisa berjalan dengan baik. Peralatan UKS seperti bad pasien hingga alat first aid lengkap kami berikan untuk menunjang kesehatan siswa dan guru di sekolah," kata salah satu dosen keperawatan Arif Helmi Setiawan, Selasa (20/6/2023).

Ia menambahkan langkah ini sebagai bentuk kepedulian Unusa terhadap kesehatan sekolah. Sebab, keberadaan peralatan yang memadai ini bisa memberi jaminan kesehatan siswa.

Selain itu, 10 kader lingkungan ditambah 10 dokter cilik juga dibentuk untuk membantu berlangsungnya UKS di UPT SDN 145.

"Nantinya mereka yang akan mengajarkan kepada siswa lainnya untuk bisa menjaga kesehatan dengan langkah hidup bersih dan sehat," terang Priyo Mukti, yang juga salah satu dosen keperawatan Unusa.

Sementara itu, Kepala Sekolah UPT SDN 145 Gresik, Siti Chomsiyah menyambut positif bantuan peralatan UKS ini. Setidaknya pihak sekolah bisa membenahi fasilitas kesehatan pelajar.

Selama ini kondisi UKS di tempatnya mengajar masih kurang layak dan memadai. "Bantuan ini membuat kesehatan siswa bisa terpantau melalui UKS yang memadai," Siti Chomsiyah menjelaskan. (*)

Tombol Google News

Tags:

Pengmas Pengabdian Masyarakat Dosen Unusa Unusa UKS UPT SDN 145 Gresik gresik